Sudah menjadi tuntutan kepada setiap entrepreneur untuk fokus berfikir stratejik ketika menjalankan bisnis mereka ditengah perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan pastinya berdampak kepada bisnis setiap entrepreneur. perubahan lingkungan yang selalu terjadi, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan bahkan mengalami turbulensi atau perubahan tiba-tiba. Lihat saja dolar saja sudah mencapai Rp. 14.249/Dolar. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus dijalankan oleh entrepreneur
  1. Sadari bahwa seorang entrepreneur itu harus menjadi ahli strategi bisnis untuk perusahaan mereka
Seorang entrepreneur itu pada hakekatnya adalah seorang CEO atau chief Executive Officer bagi perusahaan mereka dan tuntutan utamanya adalah mereka harus menjadi ahli strategi bagi bisnis tersebut.
  1. Mulai memahami proses manajemen stratejik dalam bisnis
Strategi dan strategic itu berbeda, dimana strategi itu adalah pilihan terbaik untuk bisnis agar memberikan superior value bagi konsumen, sementara strategic itu adalah sebuah proses y ang harus dilalui oleh entrepreneur. mulai dari analisis lingkungan, baik internal maupun eksternal, lalu merumuskan strategi, menjalankan strategi dan mengevaluasi strategi.
  1. Terus mengevaluasi perubahan lingkungan diri, lingkungan bisnis internal dan lingkungan bisnis eksternal
Inilah yang paling penting bagaimana setiap entrepreneur harus terus mengamati setiap perusahaan lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal dan menganalisis dampaknya pada bisnis yaitu kekuatan atau kelemahan serta peluang dan ancaman.
  1. Memilih strategi terbaik untuk bisnis
Entrepreneur harus memilih sebuah strategi yang terbaik untuk bisnis mereka masing-masing dimana bisa memilih ekspansi, stability, penciutan atau kombinasi di level korporat, cost leadership dan focus cost leadership serta differensiasi dan fokus differensiasi serta differensiasi menuju cost leadership dalam strategi level bisnis. Selain itu, strategi di keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia di level fungsional.
  1. Membuat program, anggaran dan SOP
Entrepreneur dituntut untuk bisa membuat program yang terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta didukung oleh anggaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan serta standard Operation Procedures.
  1. Mengevaluasi setiap strategi yang sudah dipilih
Inilah yang paling penting karena strategi yang dibuat harus dievaluasi sudah sejauh mana pencapaian tujuan dari pelaksanaan strategi itu sendiri.
  1. Lakukan perbaikan atas strategi dan program yang sudah dibuat.
Ketika entrepreneur sudah mengevaluasi, terus lakukan perbaikan. Gunakan continues improvement dengan konsep PDCA, Plan – Do – Check – Action.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: