Selalu ada pertanyaan tentang bagaimana membuat bisnis itu bisa memberikan value yang optimal bagi bisnis itu sendiri dalam konteks proses bisnisnya? Kesalahan orang yang ditemui adalah mereka fokus pada perbaikan di sektor keuangan dengan mengutak-atik struktur biaya, menggenjot pemasaran, mengurangi sumber daya manusia. Ada satu hal yang perlu dioptimasi yaitu proses bisnis. Tips yang bisa dimanfaatkan adalah

1.       Memetakan business process
Petakan proses bisnis yang ada dalam perusahaan setiap entrepeneru dalam konteks SIPOC yaitu supplier, input, process, output dan customers

2.       Mencari supplier
Dalam hal ini, entrepreneur perlu mendapatkan supplier yang mampu menghasilkan produk berkualitas dengan harga yang bersaing dan delivery tepat waktu. Yang tidak kalah penting adalah kepastian adanya produk setiap dibutuhkan. 

3.       Mencari transportasi yang efisien
Entrepreneur perlu mengelola proses input barang-barang dari supplier ke perusahaan dengan penyimpanan yang tepat. Inventory dan warehouse menjadi penting bagi para entrepreneur. 

4.       Proses produksi yang zero defect
Proses produksi dalam perusahaan diupayakan mencapai zero defect dimana tidak ada kesalahan yang berakibat kepada biaya. 

5.       Menghantarkan produk kepada konsumen
Entrepreeur harus bisa memastikan penghantaran produk kepada konsumen dengan tepat waktu

6.       Konsumen puas dengan menghandle complain
Entrepreneur harus bisa memberikan kepuasan kepada konsumen khususnya pada waktu menangani complain dari konsumen 

7.       Menjaga relasi dengan konsumen
Setiap konsumen harus dijaga hubungan baik dengan mereka agar konsumen menjadi asset yang mampu membuat perusahaan tetap besar.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: