Seorang entrepreneur dituntut untuk bisa menjalankan peran mereka sebagai seorang financial manager bagi bisnisnya, meskipun seringkali entrepreneur menganggap bahwa peran ini tidak perlu dijalankan karena berhubungan dengan pekerjaan teknis yang bisa dilakukan oleh karyawan. Akan tetapi, perlu disadari bahwa bisnis itu pada dasarnya adalah bagaimana mengelola keuangan perusahaan untuk bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh owner ataupun manajemen perusahaan itu sendiri. 

Oleh karena itu, beberapa hal yang harus dikuasai oleh entrepreneur dalam menjalankan peran sebagai seorang manajer keuangan adalah 

  1. Mencari uang
Entrepreneur harus bisa mencari uang untuk modal kerja perusahaan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik. Kesalahan utama seorang entrepeneru adalah mereka kurang mampu mencari sumber-sumber pendanaan yang berhubungan dengan bisnis mereka sehingga akan berdampak kepada bagaimana bisnis mereka bisa mendapatkan uang. Sumber-sumber keuangan, lalu besaran biaya untuk mendapatkan uang (cost of capital), pola pembayaran serta syarat-syarat nya

  1. Mengelola uang
Dalam hal ini, entrepreneur harus bisa membuat anggaran, mencatat setiap transaksi, melakukan cost control atau pengelolaan biaya. Hal ini menjadi penting karena tetap tugasnya bisa melakukan pengelolaan uang dengan konsep TP = TR – TC, total profit dihasilkan dari total revenue dikurangi total cost. 

  1. Membagikan devidend
Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus bisa membuat bisnis mereka mencapai profit dalam konteks deviden dan nantinya membagikan deviden tersebut kepada pemegang saham yang notabene adalah entrepreneur itu juga. Tentu hal ini penting karena tujuanbisnis itu mencapai profit. Selain itu, entrepreneur juga harus bisa mengatur proporsi laba yang digunakan untuk berinvestasi dan juga dibagikan kepada pemegang saham.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: