Beberapa artikel yang lalu saya bahas tentang pentingnya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan menengah) memiliki Public Relation atau dikenal dengan istilah Humas. Saat ini publikasi sudah menjadi hal mudah dilakukan, maka dari itu saya akan membahas agar publikasi yang kita lakukan menjadi memiliki nilai yang lebih baik untuk pencitraan produk atau jasa kita.


Yang pertama kita harus paham dan mengerti akan apa itu arti dan tujuan dari pencitraan.


Tentu anda sekarang memiliki akun media sosial seperti twitter atau facebook, selain itu ada instagram atau path yang sekarng sedang banyak digandrungi oleh kalangan muda mudi. Tentu hal tersebut sangat disayangkan jika tidak bisa dimanfaatkan oleh para UMKM. Kita harus banyak mempublikasikan produk atau jasa kita di media sosial yang tidak mengeluarkan biaya sepeserpun pun untuk melakukan aktifasinya.


Yang perlu diketahui adalah cara publikasi produk atau jasa kita, apakah sudah efektif menambah citra positif perusahaan, atau hanya publikasi produk semata tanpa ada efek positif pada perusahaan.


Jika mendengar kata pencitraan tentu kita akan langsung menginhat saat dimana pemilu dimulai, dimana semua calon melakukan pencitraan dengan gayanya masing masing. Meski mereka menolak disebut pencitraan namun semua yang disebar kemasyarakat dan bisa dikonsumsi oleh publik melalu media papun dengan tujuan untuk mempengaruhi sesorang terhadap pandangan dan pikirannya maka itu sudah pantas disebut sebuah pencitraan.


Apakah pencitraan itu negatif, tentu saja tidak. Pencitraan merupakan hal positif yang perlu dilakukan oleh semua orang yang ingin produk, jasa, atau bahkan dirinya dikenal oleh masyarakt. Tujuan dari pencitraan adalah agar masyarakat dapat menilai diri kita sesuai dengan apa yang kita harapkan untuk perusahaan kita.


Masyarakat akan menilai langsung diri kita, produk kita melalui pesan yang kita kirimkan pada mereka.  Tentu hal tersebut bisa menguntungkan anda sebagai pemilik perusahaan, produk anda akan dikenal positif oleh masyarakat melalui pencitraan yang anda lakukan.


Apalagi jika produk, jasa, atau bahkan diri anda sesuai dengan apa yang anda sampaikan kepada masyarkat. Jika anda memilki produk yang memang berkualitas maka anda layak melakukan pencitraan berlebih pada produk anda. Disaat masyarakt sudah tergiring pradigmanya tentang produk anda maka mereka akan percaya pada perusaahaan anda. Setelah itu mereka akan mencoba produk/jasa anda, jika ternyata produk/jasa anda memang berkualitas, maka sudah dipastikan orang tersebut akan menjadi marketing yang sangat baik bagi perusahaan kita.


Dengan pencitraan yang baik di dukung produk yang benar benar sesuai dengan pencitraan yang kita lakukan, maka konsumen akan mau membayar produk kita sekaligus mau menjadi marketing bagi kita. Disaat itu ia akan melakukan pencitraan ulang bagi perusahaan kita tanpa harus diberi bayaran, dengan begitu trend positif perusahaan akan terus tejaga baik.


Jadi sahabat SnB sudah paham dan mengerti kan arti dari pencitraan, itu bukan hal buruk lho jika dilakukan dengan cara yang benar. Bahkan seperti disebutkan di atas pencitraan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen kita terhadap produk/jasa perusahaan kita.


Sudah mulai siap dengan materi yang lain, tunggu minggu depan yah, kang Adam akan membahas bagai mana caranya melakukan pencitraan yang baik untuk trend positif produk/jasa kita. See you next week guys
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: