Assalamualaikum Pak meriza,


Berbicara tentang komunitas, saya tergabung dalam beberapa komunitas pak. Komunitas yang saya masuki itu ada yang bisnis, ada yang berdasarkan hobi dan ada juga yang berdasarkan kepada kepemilikan saya terhadap satu merek mobil. Senang sekali pak karena banyak teman yang saya dapatkan dari banyak orang tersebut. 


Akan tetapi, saya belum merasakan manfaat yang optimal dari kegiatan berkomunitas terhadap bisnis saya. Perlu saya sampaikan, bisnis saya adalah kuliner dan sebenarnya, saya berharap akan dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis saya dengan bergabung dengan komunitas ini. 


Oleh karena itu, saya mohon saran dari Bapak, bagaimana baiknya kegiatan berkomunitas yang saya lakukan ini. Apakah tepat yang saya lakukan untuk bisnis tersebut? Mohon masukan dari Bapak. Terima kasih saya ucapkan atas kesediaan Bapak menjawab pertanyaan saya. 


Ridwan  


Bandung





Wassalamualaikum Ridwan 


Menjawab pertanyaan Kang Ridwan, bergabung dengan komunitas adalah salah satu strategi yang sangat jitu dalam mengembangkan bisnis saat ini. Karena, komunitas ini memiliki banyak advantages atau keunggulan dibandingkan dengan pasar yang kita bina sendiri-sendiri. Mereka itu memiliki kesamaan cara pandang, semangat dan juga nilai-nilai dalam menjalankan berbagai aktivitas. 


Kegiatan Kang Ridwan dengan komunitas sudah tepat, hanya memang perlu diperhatikan apakah komunitas tersebut sudah sesuai dengan karakter bisnis kita? Hal ini sangat penting karena komunitas tersebut harus bisa memberikan kontribusi kepada pencapaian kinerja bisnis yang dijalankan. Kesesuaian ini akan menentukan kontribusi komunitas kepada bisnis kita. 


Kedua, tingkat keaktifan dalam komunitas juga menentukan efektivitas dari komunitas bagi bisnis kita. Keaktifan dalam berbagai aktivitas yang dijalankan oleh komunitas harus ditetapkan dari awal. Apa aktivitas yang dijalankan oleh para anggota. Irisan antara kegiatan komunitas harus ada dengan bisnis kita tersebut. 


Ketiga, mengukur kontribusi dari setiap aktivitas kita dalam komunitas bagi bisnis kita. Ingat, segala sesuatu harus terukur agar kita bisa menilai nya dengan objektif. Perlu diingat juga, ada tangible benefit dan intangible benefit dari setiap aktivitas di komunitas. Hal ini harus diperhitungkan. Dan bagi Ridwan, teruslah aktif di komunitas agar bisa memberikan kontribusi optimal bagi bisnisnya. Sukses ya...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: