Bahasa Inggris bisa menyebar karena pengaruh politik dan imperialisme Inggris dan selanjutnya Britania Raya di dunia. Salah satu pepatah Inggris zaman dahulu mengenai kerajaan Inggris yang disebut Imperium Britania (British Empire) adalah tempat “Matahari yang tidak pernah terbenam” (“where the sun never sets”).


Itulah sebabnya mengapa bahasa Inggris di menjadi bahasa internasional. Di Indonesia sendiri bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang menjadi kurikulum wajib, dari tingkat sekolah dasar dampai dengan perguruan tinggi.


Masyarakat Indonesia harus sedikit berusaha lebih keras lagi untuk mempelajari bahasa global ini. Lantaran menurut hasil survei global ‘English Proficiency Index’ (EF EPI) menempatkan Indonesia di posisi ke-32 dari 72 negara yang disurvei secara global, dengan skor 52,91.


Indonesia meraih nilai yang lebih rendah dibandingkan beberapa negara tetangga di kawasan, termasuk Vietnam yang berada di posisi ke-31 yang tergolong level menengah.


Hasil survei tahun ini menunjukan Singapura sebagai negara di Asia dengan peringkat paling atas terkait kemampuan Bahasa Inggris, diikuti dengan Malaysia dan Filipina yang termasuk 15 besar.


Dan untuk UMKM sendiri, mengenai implementasi dari nilai bahasa global ini harus sangat diperhatikan, mengingat Indonesia sudah dalam lingkaran organisasi asean. Sangat penting bagi UMKM untuk meningkatkan bahsa Inggris, karena akan berdampak kepada transaksi dan promosi yang  bisa di perluas lagi skalanya.


Indonesia merupakan negara terbesar keempat berdasarkan angka tenaga kerja. Pada tahun ini, Indonesia telah secara progresif melakukan berbagai reformasi ekonomi dan pendidikan dengan tujuan membuka sektor ekonomi lebih besar kepada investor asing dan mendorong liberalisasi ekonomi. 


Untuk memaksimalkan UMKM dapat berdaya saing, peran serta berbagai pihak harus di upayakan bersatu. Di Jawa Barat di kenal konsep pentahelix, dimana unsur akademisi, bisinis,community/komunitas, government/Pemerintah, media.


Dengan konsep pentahelix tersebut seharusnya permasalaha-permasalah mendasar bisa di atasi, salah satunya di permasalahan kemampuan berbahasa Inggris.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: