Inilah yang membuat kaget tadi sore ketika dalam kelas GIMB Entrepeneur School. Kami bertanya kepada entrepeneur muda yang hadir dikelas dan mereka mendapatkan pelajaran tentang strategic management yang memang sudah dijadwalkan hari ini.


Visi itu seringkali dianggap sebagai sebuah impian yang sederhana akan tetapi, jelas entrepeneur harus membereskan konsep visi yang ada dalam perusahaan mereka. Visi itu berhubungan dengan impian setiap entrepeneur dalam berbisnis


Rasanya, saya berkewajiban untuk mengingatkan setiap entrepeneur untuk mulai memperhatikan visi ini karena bisnis tersebut harus dibuat untuk jangka panjang karena bisnis tersebut memang harus diperjuangkan untuk jangka panjang.


Visi itu harus dinyatakan secara jelas dan terukur oleh setiap entrepeneur. Pernyataan visi ini akan membuat entrepreneur untuk terus fokus pada pencapaiannya dan berusaha secara optimal untuk mengejarnya. Visi inilah yang menjadi darah bagi setiap entrepreneur.


Pernyataan ini dimulai dari bagaimaan entrepreneur memperhatikan keunggulan yang mereka miliki. Keunggulan ini berhubungan dengan potensi diri dan dibandingkan dengan pesaing lainnya. Tanggung jawab entrepreneur untuk menggali potensi diri tersebut dan menganalisis dengan membandingkan pada pesaing.


Ketika entrepreneur sudah bisa membuat bisnis mereka teratur dan visi yang jelas, tidak sedikit perusahaan akan terus mengejar mereka untuk bekerjasama dalam melayani konsumen. jadi, tidak perlu lagi khawatir dengan tingkat persaingan yang ada. Tinggal bagaimaan fokus kepada visi tersebut dan membuat setiap orang dalam perusahaan untuk ikut serta mencapainya.


Jadi, kuncinya adalah bagaimaan entrepreneur fokus untuk membuat visi yang bisa dicapai dan inilah yang menjadi keunggulan mereka dalam berbisnis. Kenapa demikian? Dalam visi itu ada dimensi waktu jangka panjang yang benar-benar dimanage dengan efektif.


Minimal 10 tahun kedepan seorang entrepreneur sudah memiliki arahan yang jelas. Arahan yang bisa pegangan dan tentunya akan membuat langkah demi langkah bisnis mereka bisa di capai.


Selain itu, visi ini juga bisa membuat semangat setiap orang yang ada dalam perusahaan menjadi tinggi. semangat yang jelas tertulis dengan baik dan akan terus membakar spirit dalam setiap orang. Tentu ini tidak mudah ketika banyak perusahaan entepreneur yang sedang collapse, tetapi entrepreneur bisa membuat keunggulan bersaing.


Oleh karena itu, entrepreneur perlu membuat visi yang kuat dan fokus untuk mencapai visi tersebut. luangkan waktu sejenak untuk berfikir dan membuatnya akan memberikan value yang luar biasa…. jangan terjebak dengan rutinitas….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: