Sebagai seorang entrepreneur yang menjalankan bisnis, salah satu tantangan yang paling berat adalah bagaimana mengelola keuangan yang saat ini sungguh sangat berat karena berhubungan dengan sebuah keilmuan yang belum tentu dimiliki dan dipelajari oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis itu sendiri.

Tidak bisa dinafikkan bagaimana entrepreneur dengan berbagai latar belakang pendidikan yang seringkali tidak relevan dengan keuangan itu sendiri. Akan tetapi, jelas mereka tetap menjalankan bisnis dan pastinya akan menimbulkan sebuah gap untuk keuangan perusahaan. Oleh karena itu, tips yang perlu dimiliki oleh entrepreneur adalah:

1. Menentukan jumlah kebutuhan uang

Hal ini dilakukan atas dasar anggaran yang yang sudah dibuat oleh para entrepreneur. Biasakan membuat anggaran untuk satu tahun sehingga akan diketahui berapa jumlah uang yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut.

2. Menentukan penggunaan uang untuk bisnis

Penggunaan uang bisa dikelompokkan atas dasar untuk pemasaran, business process, sumber daya manusia, informasi dan teknologi, umum yang relevan dengan setiap aktivitas bisnis para entrepreneur.

3. Memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis

Uang pribadi dan uang bisnis harus sudah dipisahkan oleh para entrepreneur agar bisa membuat keputusan yang tepat dalam bisnis itu sendiri. Tidak boleh para entrepreneur menggabungkan bisnis mereka untuk keperluan pribadi.

4. Pakai uang pribadi dan bukan hutang diawal bisnis

Sangat disarankan bagi pemula untuk menggunakan uang pribadi untuk bisnisnya dan bukan pinjaman karena itu akan menentukan kesehatan bisnis saat ini dan yang akan datang.

5. Catat setiap pengeluaran bisnis

Setiap transaksi dalam bisnis harus dicatat oleh para entrepreneur dengan standar akuntansi yang bertujuan untuk mengetahui pengeluaran perusahaan, status keuangan dan nantinya untukmembuat keputusan bisnis.

6. Memiliki uang operasional minimal enam bulan

Bisnis itu sebuah proses dan oleh karena itu, mereka harus benar-benar disiapkan dengan dengan baik agar prosesnya tidak berhenti. Di sinilah tuntutan kepada para entrepreneur untuk menyediakan uang operasional minimal enam bulan.

7. Gaji diri sendiri

Hal yang lebih penting bagi para entrepreneur adalah menggaji diri sendiri agar bisa memenuhi kebutuhan diri mereka sendiri dan tidak mengganggu aktivitas dalam perusahaan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: