Program Corporate Social Responsibility yang dijalankan oleh perusahaan dan juga entrepreneur sangat dipengaruhi oleh banyak faktor untuk mencapai keberhasilannya. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah bagaimana leadership dari setiap entrepreneur yang memiliki program CSR tersebut. jangan terjebak dengan apa yang diprogramkan karena semua aktivitas dipengaruhi kualitas leadershipnya.


Program CSR yang dimiliki jelas harus dijalankan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat oleh para entrepreneur. Rencana itu baru di awal saja karena yang paling penting adalah bagaimana setiap entrepreneur menjadi Leader yang menentukan jalan atau tidaknya program tersebut agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.


Leadership berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur memiliki pengaruh terhadap setiap orang dalam perusahaan dan bergerak untuk menjalankan setiap apa yang sudah direncanakan. Termasuk program CSR karena melibatkan banyak stakeholder, baik internal maupun eksternal perusahaan entrepreneur.


Banyak pelajaran yang diambil dari pelaksanaan program CSR oleh Badan Usaha Milik Negara atau BUMN di negeri ini. Ada program yang berhasil dan ada juga yang kurang berhasil yang ditandai oleh bagaimana program CSR kurang bisa memberikan value bagi perusahaan. value yang seharusnya dapat memberikan manfaat kepada perusahaan dalam upaya pencapaian tujuan BUMN itu sendiri, baik tangible maupun intangible.


Padahal, program CSR yang dalam dijalankan oleh BUMN tersebut sudah menjadi bagian dari Key Performance Indicator yang harus dicapai oleh setiap direktur utama. Jadi,jelas bahwa kalau secara sederhana, program CSR tersebut sudah menjadi indikator keberhasilan seorang direktur utama dalam memimpin perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaanyang sudah ditetapkan oleh pemegang saham atau shareholder.


Namun demikian, kenapa tidak berjalan seperti yang ditargetkan dan diharapkan oleh shareholder? Permasalahan yang terjadi tidak hanya pada aspek perencanaan, akan tetapi lebih pada aspek implementasi dari perencanaan yang sudah dibuat. Implementasi tentu berhubungan dengan program yang dibuat, kemudian anggaran serta standar operasi dan prosedur yang harus dijalankan untuk program tersebut.


Ada satu hal lagi yang paling penting yaitu bagaimana kualitas leadership atau kepemimpinan seorang entrepreneur dalam menjalankan program CSR. Kualitas leadership ini berhubungan dengan bagaimana mereka mampu mengarahkan setiap orang untuk terlibat dalam program dan tidak ada pengecualian. Arahan atau direction ini sangat dipengaruhi oleh sejauh mana pengaruh yang dimiliki oleh seorang leader terhadap bawahan mereka untuk bekerja.


Inilah kuncinya. Leadership dari seorang entrepreneur. Pelajaran berharga dari setiap program CSR yang dijalankan oleh BUMN ini berhubungan dengan leadership. Oleh karena itu, seorang entrepreneur yang ingin berhasil mencapai tujuan untuk setiap program CSR mereka harus fokus kepada leadership tersebut. Fokus memimpin tim yang bertanggung jawab dalam program CSR dan bahkan turun serta dalam menentukan program CSR tersebut.


Kenapa demikian? Karena diharapkan program CSR harus menjadi strategi perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Program CSR tidak bisa menjadi program tambahan yang tidak memberikan value yang optimal bagi perusahaan. sudah menjadi keharusan buat entrepreneur agar bisa mendapatkan manfaat atas program tersebut. Jadi, untuk berhasil membuat program CSR entrepreneur harus turun tangan secara langsung memimpin tim untuk menjalankan setiap program tersebut. sukses buat kita semua...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: