Tantangan entrepreneur dalam membangun bisnis dengan memiliki proses bisnis yang unggul karena inilah yang dipersyaratkan oleh perusahaan agar mampu mencapai competitive advantage. Kalau boleh dibilang, kunci sukses entrepreneur dalam bisnis saat ini sangat tergantung pada proses bisnis yang unggul dalam artian memiliki kesalahan yang menuju nol atau menuju zero defect.

 

Selanjutnya adalah bagaimana proses bisnis itu juga berjalan lancar dan bahkan bisa mencapai konsep manajemen yaitu efektif dan efisien. Tentu hal ini tidak mudah karena berhubungan dengan bagaimana proses bisnis tersebut dilakukan secara terus menerus oleh setiap entrepreneur. inilah tantangannya. Oleh karena itu, ada beberapa hal  yang perlu dilakukan yaitu


1. Membuat SOP untuk setiap aktivitas bisnis yang ada

Standard Operation Procedure menjadi kunci sukses dalam membangun proses bisnis yang unggul karena itu berhubungan dengan apa yang dikerjakan untuk ditulis dan mengerjakan apa yang ditulis. Ini adalah sebuah kenyataan yang harus dilakukan oleh setiap entrepeneur. Ini adalah langkah awal.

 

2. Menjelaskan SOP kepada karyawan

SOP yang sudah dibuat harus dijelaskan dan diajarkan kepada karyawan sehingga mereka mengetahui, menyadari dan bahkan tergerak untuk menerapkan SOP tersebut dalam pekerjaan. Dalam hal ini penting bagi entrepeneur memastikan bahwa karyawan tahu, paham dan dasar.

 

3. Berikan mereka pelatihan

Hal ini berhubungan dengan bagaimana peningkatkan knowledge, skill dan attitude karyawan terhadap SOP dalam proses bisnis. Pastikan mereka sudah memiliki pengetahuan, skill dan sikap yang cukup untuk menjalankannya.

 

4. Menjalankan SOP

Jalankan SOP dan evaluasi setiap hasil pelaksanaan SOP tersebut. Hal ini berhubungan dengan aplikasi SOP dalam pekerjaan. Yang paling penting setelah itu adalah evaluasi itu sendiri karena pasti akan ditemukan gap atau kesenjangan antara yang diharapkan dengan yang ada.

 

5. Belajar dari kesalahan

Karyawan harus diajak untuk belajar dari kesalahan yang mereka perbuah. Jangan sampai salah karena itu berhubungan dengan kenyataan bahwa tidak akan da yang sempurna. Akan tetapi, yang paling penting adalah belajar dari kesalahan. Analisis kesalahan tersebut sehingga dilakukan perbaikan.

 

6. Terus berlatih

Kemudian, lanjutkan berlatih dalam pelaksanaan proses bisnis agar terjadi perbaikan terus menerus. Inilah kuncinya.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: