Asslamualaikum wr. Wb.


Pertama-tama, saya mendoakan Kang Meriza sehat dan terus bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman bisnis kepada kami, entrepreneur. Saya adalah entrepreneur dalam bidang kripik singkong yang sudah berjalan kurang lebih sepuluh tahun. Bisnis ini adalah bisnis orang tua dan saya melanjutkan usaha mereka.


Saya senang sekali bisa terlibat langsung dalam bisnis orang tuan ini karena bisa memberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan di kampus. Ditambah lagi dengan pengetahuan yang saya dapatkan dari akang di rubric ini.


Ada satu masalah yang ingin saya diskusikan dengan akang karena saya sudah mencari jawaban kemana-mana, tetapi belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. Masalah ini berhubungan dengan keuangan perusahaan yang sudah berjalan 10 tahun ini. dalam kaca mata saya, selama ini preusahaan sudah tumbuh dengan penjualan sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.


Akan tetapi, saya merasakan bahwa keuangan perusahaan itu belum tertata dengan baik. padahal pencatatan keuangan sudah saya lakukan dengan menerapkan akuntansi dalam mencatat setiap transaksi keuangan yang ada. Jelas ini diharapkan nantinya bisa membantu pengelolaan keuangan perusahaan. namun dalam kenyataannya, saya belum mendapatkan apa yang saya harapkan dalam pengelolaan keuangan.


Memang sih kang, keuangan perusahaan dalam konteks tata kelolanya belum dipisahkan antara keuang perusahaan, khususnya masalah gaji bagi para entrepreneur yang nota bene adalah owner usaha ini. termasuk saya. Oleh karena itu, saya mohon saran dari akang tentang apa yang sebaikanya saya lakukan untuk menghadapi masalah seperti ini. saya berharap pengelolaan perusahaan ini semakin baik.


Atas tanggapan yang akan berikan, saya mengucapkan terima kasih.  


Sandy, Cimahi





Wassalam kang Sandy


Terima kasih atas doa yang akan panjatkan dan semoga Allah SWT memberikan kesehatan, kekuatan dan komitmen kepada saya untuk terus berbagi. Saya yakin, semuanya dari Allah dan saya hanya menjalankan.


Saya sangat senang ketika mengetahui akang terlibat dalam bisnis keluarga dan memanfaatkan pengetahuan tentang bisnis dan manajemen dalam usaha tersebut. tidak banyak orang yang mau turun dalam bisnis keluarga karena merasa kurang sesuai dengan potensi diri dan passion yang mereka meiliki.


Bicara tentang uang, jelas, selalu saya sampaikan bahwa bisnis itu adalah create money dan relevan dengan profit. Oleh karena itu, saya menyebutka bahwa bisnis itu adalah UUD yaitu ujung-ujungnya duit sehingga jelas, tuntutan kepada para entrepreneur adalah bagaimana bisa mengelola keuangan perusahaan agar bisa mencapai tujuan perusahaan yaitu TP = TR – TC dalam konteks total profit itu merupakan selisih dari total revenue dengan total cost.


Perlu diketahui bahwa akuntansi berbeda dengan manajemen keuangan dimana akuntansi merupakan pencatatan, pengelompokkan dan membuat laporan keuangan serta menganalisisnya. Adapun keuangan lebih bagaimana mendapatkan uang, mengelolanya dan membagikan deviden kepada pemegang saham. Satu hal yang penting dan relevan dengan perusahaan akang adalah pengelolaan keuangan. Salah satunya tentu berhubungan dengan gaji bagi para entrepreneur.


Saya selalu menekankan bahwa setiap entrepreneur itu mendapat dua dari aktivitas bisnis mereka yaitu gaji hang dalam hal ini konteksnya adalah entrepreneur bekerja dierpsuahaan dan juga laba atau profit yang didapatkan dari kinerja usaha mereka. kedua aspek inilah yang menjadi differentiator seorang entrepreneur dengan karyawan perusahaan yang bekerja dengan orang lain.


Oleh karena itu, entrepreneur harus menganggarkan gaji buat mereka agar bisa bekerja secara efektif dan efisien. Konteks sebagai seorang pekerja adalah bagaimana mereka mendapatkan gaji dalam bekerja. gaji ini akan digunakan sebagai uang untuk membiayai kegiatan harian mereka, yang bisa saja di rumah ataupun kegiatan operasional harian yang tidak ditanggung oleh perusahaan. adapun besarannya, tentu harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan mereka. Inilah yang perlu kan sandy lakukan sehingga tidak ada lagi pengambilan dana kas perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pribadi entrepreneur. sukses buat kita semua...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: