Menjadi seorang entrepreneur muda muslim yang sudah menjadi sebuah pilihan professionalnya, setiap anak muda dituntut untuk bisa memahami tentang konsep entrepreneurship itu sendiri dan juga bagaimana mereka menjalankan bisnis. rasanya, hal ini akan menjadi dasar untuk setiap entrepreneur dalam menjalankan pilihan dengan professional. Seringkali ditemui banyak orang yang tidak mampu melihat bagaimana mereka menjadi seorang entrepeneur yang seharusnya bisa memberikan value bagi diri sendiri dan juga orang lain serta alam dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, perlulah rasanya seorang entrepreneur muda muslim untuk berbicara dengan diri mereka sendiri. Bicara sesaat tentang apa yang menjadi alasan mereka untuk berbisnis, apa yang hendak mereka capai dan bagaimana mereka mencapainya. Bicara dengan diri sendiri tersebut akan menjadikan seorang entrepeneur muda muslim untuk bisa lebih bijak dalam menjalankan bisnis dan bahkan tidak akan tergoda oleh hal-hal yang tidak berhubungan dengan bisnis.

Selain itu, entrepreneur muda muslim akan memiliki arah yang jelas tentang bagaimana mereka memilih sebagai entrepreneur. mari bicara dengan diri sendiri tentang kenapa menjadi seorang entrepreneur. bagi saya, menjadi seorang entrepreneur itu adalah “perintah” Allah SWT yang sejatinya menjadi setiap umat muslim itu adalah khalifah di muka bumi ini. Allah SWT menciptakan bumi untuk dikelola dan keberadaan umat muslim sejatinya bisa mengelolanya untuk kemaslahatan diri dan juga manusia.

Hal ini perlu dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Jangan sampai terjebak dengan hanya menjalankan bisnis karena peluang ataupun apa yang ada didepan mata. Sekarang, mau kemana dengan memilih jadi entrepreneur? jelas, yang pertama adalah mencari keridhaan Allah SWT di dunia dan akhirat yang sejatinya menjadi tujuan hidup manusia. Jelas, dalam setiap sholat, setiap entrepreneur muda muslim menyatakan bahwa sholatku, ibadahku hanya untuk Allah SWT. Rasanya, ini jelas bagaimana hidup di dunia ini adalah hanya untuk Allah SWT.

Ingat, bagaimana lamanya hidup di dunia selama  63 – 70 tahun yang menjadi rata-rata usia orang Indonesia kalau dibandingkan dengan hidup di akhirat, hanya selama 1,5 jam. Bagaimana pendeknya usia di dunia ini. oleh karena itu, tujuan berbisnis adalah sebagai jalan untuk mencari keberkahan dan keridhaan Allah SWT untuk menuju hidup yang bahagia di dunia dan di akhirat.

Terakhir, bagaimana untuk mencapainya? Allah SWT sudah menurunkan Alqur’an sebagai panduan hidup, way of life dan dijelaskan oleh hadis Rasulullah dan juga bagaimana adanya ulama yang ada di tengah umat manusia. Inilah sejatinya bahasan dalam bicara dengan diri dalam diri setiap entrepreneur. Bismillahirrahmanirrahim.  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: