Salah satu permintaan yang sering saya dapatkan selama membina mereka.  entrepeneur adalah pembuatan SOP di perusahaan. SOP yang nantinya diharapkan dapat membantu peningkatanproses bisnsi mereka sehari-hari. Nah lho....


Saya menjadi tergelitik membaca permintaan mereka tersebut. permintaan yang bagi saya sangat penting, akan tetapi, pertanyaannya adalah apakah mungkin saya membuatkan SOP buat mereka? apakah bermanfaat kalau saya buatkan? Apakah akan dijalankan bila sudah saya buatkan?


Itu yang menjadi tandatanya bagi saya. SOP memang bertujuan baik untuk meningkatkan proses bisnis suatu perusahaan. Dengan SOP, manajemen bisa menjalankan perusahaan layaknya menjalankan mesin karena dengan SOP jelas sudah apa yang akandilakukan dan bagiamana melakukannya. Setiap orang tinggal menjalankannya.


Akan tetapi, itu adalah idealnya. Tidak bisa seperti itu saja dalam kenyataannya. SOP itu membutuhkan pemahaman yang mendalam dari setiap orang yang terlibat didalamnya. SOP itu harus berasal dari orang yang menjalankannya. Tidak bisa dibuatkan oleh orang lain.


Oleh karena itu, bagi saya tulis apa yang  anda lakukan danlakukan apayang anda tulis. Ini harus menjadi suat kebiasaan yang harus dilakukan secara berulang. Tidak bisa dilakukan secara parsial atau tidak jelas.


Pada akhirnya, diharapkan SOP tersebut dibuat sendiri  dulu oleh setiap karyawan dalam perusahaan dengan mengidentifikasi setiap proses bisnis yang ada diperusahaan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: