Ada satu berita yang sangat membuat bangsa ini tersentak yaitu bagaimana kerjasama militer antara Tentara nasional Indonesia (TNI) dan tentara Australia di hentikan oleh Panglima TNI, Gatot Nurmantyo. Tersentaknya karena berhubungan dengan keberanian dan ketegasan panglima untuk menunnjukkan bahwa Indonesia bukanlah bangsa yang mudah di permainkan, apalagi tentang dasar negara yang dibuat olok-olokan oleh bangsa lain.


Hanya saja, ada salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang menyatakan bahwa ketegasan yang dilakukan oleh Panglima dianggap sebagai sesuatu yang lebai atau berlebihan menanggapi permasalahan  yang ada. Beliau sebagai seorang anggota dewan perwakilan rakyat yang sejatinya memberikan dukungan kepada pemerintah untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari gangguan dari negara lain.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga dari kejadian ini karena berhubungan dengan bagaimana wirausaha menjadi salah satu komponen bangsa yang bertanggungjawab atas menjaga dan mempertahankan kemerdekaan ini dengan mengisi kemerdekaan serta melawan berbagai pihak yang akan membuat hancur bangsa ini ditengah tingginya tekanan bagi negara ini untuk diperebutkan oleh berbagai bangsa di dunia.


Wirausaha atau entrepreneur pada hakekatnya adalah seorang pejuang bagi diri, orang lain serta bangsanya dan hakekat ini harus menjadi dasar yang dimiliki oleh para wirausaha  dalam menjalankan bisnis. tidak semata-mata melihat bahwa wirausaha itu menjalankan bisnis untuk kepentingan diri sendiri yaitu berupa mencari profit, profit dan profit.


Oleh karena itu, wirausaha harus terus meningkatkan mindset diri sebagai seorang entrepreneur dengan memperkuat visi pribadi dan visi bisnis yang harus dicapai secara bersamaan. Hal ini jelas menjadi tujuan seorang wirausaha dalam menjalankan peran tersebut. dalam konteks ini juga, wirausaha harus mampu meningkatkan kemampuan melihat dan fokus dalam mengejar peluang. Salah satu  yang paling penting bagi wirausaha dalam konteks menjaga semangat nasionalisme adalah keberanian. Wirausaha harus berani menyatakan yang salah dan yang benar.


Selanjutnya adalah wirausaha perlu meningkatkan kapabilitas atau kemampuan diri dalam aspek managerial untuk bisa membuat bisnis masing-masing semakin tumbuh dan berkembang. Manajemen itu penting untuk setiap wirausaha ditengah tingginya perubahan lingkungan bisnis yang harus disikapi dengan cepat. Barulah setelah itu, wirausaha harus benar selalu jeli melihat perubahan lingkungan bisnis karena disinilah bisa membuat bisnis yang dapat tumbuh dan berkembang sehingga menjadi kebanggaan bangsa ini.


Yang terakhir adalah kreatifitas dan inovasi menjadi kunci sukses wirausaha untuk membuat bisnis nya bisa menjadi besar dan besar. Bagaimana dengan anda? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: