Sebagai seorang birokrat, Iwa Karniwa, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yang sekaligus menjadi Ketua Harian Pengurus Besar Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke 19 yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 - 29 September 2016 di 16 Kota/Kabupaten di Jawa Barat tidak sungkan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang berhubungan dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Bahkan terlihat sangat senang untuk membagikan berbagai informasi yang relevan dengan pengembangan UMKM, khususnya yang ada di Jawa Barat. 


Bahkan disertasi yang dibuat oleh Iwa berhubungan dengan pengembangan ekonomi bagi UMKM. Jadi, ketika bicara tentang UMKM, akan keluar ide dan bahkan pengalamannya ketika berbisnis dulu yang pastinya sangat bermanfaat bagi wirausaha. "Saya juga dulu dari kecil sudah berwirausaha minyak tanah" kata Iwa. Pengalaman bisnis sejak kecil ini membuat diri dan mentalnya sebagai seorang pengusaha yang juga bermanfaat bagi pekerjaannya saat ini sebagai seorang birokrat yang membuat regulasi untuk kepentingan pengembangan ekonomi kerakyatan di Jawa Barat. 


Dengan semangat tinggi Iwa menggambarkan bagaimana seharusnya seorang wirausaha di Jawa Barat memanfaatkan seluruh potensi  yang ada, khsusunya yang berhubungan dengan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Jawa Barat. "Ada multiplier effect dari pelaksanaan PON yang salah satu tujuannya adalah sukses ekonomi kerakyatan," tambah Iwa. 


Oleh karena itu, wirausaha diharapkan oleh Iwa dapat pro aktif mengembangkan diri, bisinis dan produk untuk ditawarkan kepada puluhan ribu pantia pelaksana PON serta atlet, official sampai dengan pendukung masing-masing.tim. Harapan Iwan ini sangat jelas disampaikan di berbagi forum dengan harapan wirausaha Jawa barat benar-benar mendapatkan manfaat dari pelaksanaan PON ini.


Pada akhirnya, Iwa memberikan tips bagi wirausaha untuk sukses dalam bisnis seiring dengan tugasnya sebagai seorang Sekretaris Daerah yang mendorong rakyat Jawa Barat maju dalam ekonomi serta ketua harian Pengurus Besar PON ke 19. "Wirausaha itu harus berkomitmen dalam menjalankan bisnis," kata Iwa. Jangan pernah melanggar komitmen untuk sukses karena sekali cela, akan dilupaka oleh stakeholders, 


"Wirausaha itu juga harus membuat perencanaan bisnis sampai dengan action plan," tambah Iwa. Inilah pesan yang disampaikan bagi wirausaha untuk sukses dalam bisnis. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: