Salah satu tugas yang paling utama bagi setiap entrepreneur adalah menjalankan peran sebagai seorang manajer sumber daya manusia atau Human Resources Manager karena tidak mungkin bagi setiap entrepreneur bekerja sendiri. Sudah waktunya entrepreneur bekerja bersama-sama dengan karyawan utnuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.



Membuat analisis terhadap setiap karyawan



Entrepreneur harus melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal setiap karyawan mereka masing-masing. tentu kedepannya akan mendapatkan posisi dimana kekuatan dan dimana kelemahan setiap karyawan.



Membuat target pekerjaan yang harus dilakukan oleh karyawan



Entrepreneru harus bisa membuat target pekerjaan yang harus dikerjakan oleh setiap karyawan di perusahaan. target ini tentu berbasis kepada hasil analisis internal dan eksternal setiap karyawan



Mempersiapkan program,



Entrepreneru harus mempersiapkan program apa yang harus dikerjakan oleh karyawan. memang pada tataran implementasi, mereka sendiri akan mengembangkan diri untuk bisa menyelesaikan berbagai permalahan yang ditemui.



Mempersiapkan anggaran dan fasilitas pendukung



Entrepreneur harus mempersiapkan anggaran dan fasilitas pendukung bagi karyawan dalam mencapai target yang sudah ditetapkan. Tidak mungkin karyawan dapat bekerja dengan baik kalau anggaran dan fasilitas tidak disiapkan dengan baik. Bahkan teknologi informasi yang sangat berkembang harus menjadi salah satu perhatian setiap entrepreneur untuk membantu karyawan bekerja.



Mempersiapkan SOP



Karyawan itu membutuhkan standard operating procedures atau SOP agar bisa menjalankan tugas sesuai dengan yang dituntut oleh setiap entrepreneur karena tanpa itu, akan susah bagi setiap karyawan mencapai target yang sudah ditetapkan. Jangan sampai karyawan menjalankan program sesuai dengan keinginan sendiri.



Melakukan kontrol



Entrepreneru harus melakukan kontrol atas pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawan melalui kualitas yang dicapai serta kuantitas  yang sudah dicapai juga apakah sesuai tidak dengan yang sudah ditetapkan di awal.



Memberikan coaching dan mentoring



Inilah tugas yang tidak ringan bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan tugas mereka sebagai manajer sumber daya manusia dimana mereka harus menjadi seorang coach dan mentor bagi setiap karyawan.



Inilah beberapa Human Resources Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: