Cara mengelola koperasi memang unik, menurut saya hal terpenting dari koperasi yaitu tehnik manajemen yang harus sangat di implementasikan, banyak sekali Koperasi yang hanya menggunakan Badan Hukum Koperasi hanya untuk kepentingan kelompok bahkan pribadi tanpa memikirkan nilai-nilai luhur Koperasi itu sendiri.


Koperasi mengajarkan bagaiman pengelolaan sistem dari hulu ke hilir, mengajarkan bagaimana pengusaha mikro / kecil bisa bersaing dengan industri besar. Semuanya penuh dengan seni dan pengelolaannya penuh dengan resiko, hanya saja resiko di dalam koperasi bisa di minimalisisr dengan adanya peran aktif dan rasa memiliki dari semua unsur keanggotaan.


Di dalam koperasi tidak ada yang lebih tinggi semua sama, yang ada hanya orang yang diberikan amanah saja.


Pengelolaan Koperasi sejak 69 tahun silam sudah di konsepkan oleh konseptor ekonomi kerakyatan paling berpengarus sepanjang masa (Bung hatta), sangat di sayangkan jika konsep sebagus pemikiran bung hatta hanya dijadikan nilai dan prinsip tanpa implementasi. 


Gerakan perubahan Koperasi di mulai dari mindset, dimana mindset tersebut harus terus menerus di tempa menyesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa mengurangi sedikitpun nilai dan prinsip Koperasi. Sudah saatnya Koperasi melangkah, sudah saatnya Koperasi kembali kepada ruhnya yaitu ekonomi kerakyatan.


Dengan semangat perubahan, generasi yang harus mempunyai peranan aktif di dalam perjalan Koperasi tidak lain generasi muda. Semangat pembangunan dan semangat perubahan merupakan kunci utama penerapan sistem yang sangat mulia ini.


Ayo jadi bagian Koperasi, ayo jadi gerakan perubahan !!! saya siap !!! 


Koperasi miliik bersama awasi bersama, jalani bersama dan sejahtera bersama


(Koperasi bukan hanya sekedar organisasi)
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: