Sahabat wirausaha yang dirahmati Allah SWT...

semoga hari ini kita...selalu semangat, terus berkarya dan selalu mengalirkan darah kreativitas di setiap waktu yang kian bermanfaat.


Untuk kali ini saya ingin berbagi inspirasi setelah mengisi materi dalam Workshop Kewirausahaan di Kampus ITENAS yang themanya cukup menggelitik 'Pengaruh tatakota dalam pengembangan kreativitas entreprener, dan begitu banyak ternyata peluang  untuk kita dapat mengeksplor ide-ide kreatif yang mampu dikembangkan dalam pendukungan lingkungan tata kota yang berbasis planologi. Sehingga boleh dikatakan ini suatu implementasi baru lagi dengan sebutan "planerprener".


Konsep pemikiran planerprener ini tentunya dimulai dari gambaran sebuah lingkungan tata kota  yang dapat menjadi inspirasi bisnis apa yang lebih pas untuk dikembangkan dari suatu tempat yang sudah tertata dengan desain arsitektur kota yang asri dan indah serta membuat nyaman untuk menjadi tempat interaksi usaha dan media yang mensinergikan bisnis dan kreativitasnya.  Tentu saja ada sentuhan inovasi yang dapat mengoptimalkan potensi teknologi sebagai basis penciptaan atau pengembangan sebuah bisnis.


Yang tak kalah penting bisnis di lingkungan tata kota itu ditambah dengan strategi terobosan baru untuk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat dan dapat meningkatkan pendapatan si pelaku usaha dari berbagai peluang bisnis yang bisa dijalankan di lingkungan bisnis yang variatif dan tematic ini.


Plnerprener pun menjadi sebuah konsep kekinian dan merupakan prespektif bisnis masa depan  yang harus dibangun dari pondasi penguasaan teknologi dan kapasitas pembangunan yang kemudian ditransformasikan menjadi dasar binis serta mensinergikan antara teknolgi dan pembangunan, seperti sinkronisasi antara pemerintah dan kebijakan lingkungan bisnis. Sinergi dalam menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan serta peluang penggerak pertumbuhan ekonomi dengan lahirnya entreprener-entreprener muda dan baru merintis usaha yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi.


Kunci keberhasilannya tiada lain adalah pertama : dengan kreativitas yang tinggi  untuk merubah mental lama yang cenderung konvensional dan menuju agen perubahan. Kedua memadukan Kreativitas tersebut dengan imajinasi dan kemungkinan-kemungkinan yang mendukung lingkungan tata kota. Ketiga, menjadikan wirausaha sebagai pemimpin perubahan dengan ide-ide baru. Memberikan arti pada hubungan antar ide, SDM pelaku usaha dan Lingkungan yang tersedia.


Untuk membangun jiwa planerprener ini perlu dilakukan berbagai pendekatan yang menyeluruh dan integral dengan mengkolaborasikan budaya dengan (budaya inovasi, kewirausahaan dan kreativitas), melakukan konsepsi (konsep inkubator bisnis, penelitian dan pengembangan, knowledge dengan mangemen dan learning organization) serta peningkatan kapasitas SDM wirausahanya (kapabelitas,koneksitas dan kolaboratif).


Banyak peluang sektor usaha untuk para  plarerprener ini yang banyak mendukung lebih lengkapnya sebuah tata kota yang sudah apik seperti di Kota Bandung  ini.  Setelah dibuat berbagai taman dan tempat nongkrong kreatif yang semakin marak, banyak muncul peluang bisnis baru untuk menambah semarak dan hidupnya sebuah lingkungan kota yang asri dan greenly ini, membuka peluang bisnis anak muda kreatif di berbagai sektor, antara lain Industri Desain, yang termasuk dalam bagian industri kreatif sektor yang paling berkembang dalam tata kota. Kreativitas masyarakat kota dalam menciptakan desain-desain mutakir juga akan menjadi daya tarik bagi para pecinta fashion dan desain interior sebagai motivasi untuk terjun berwirausaha.


Sektor-sektor industri kreatif lain yang juga membutuhkan desain sebagai acuan pembuatnya seperti handycraft, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, usaha kuliner (cafe gaul) dan lain-lain.  Tingginya kreatifitas dan nilai seni yang dimiliki masyarakat kota memang tidak diragukan lagi, selain iklim yang nyaman yang dipengaruhi oleh letak geografis kota, juga didukung oleh banyaknya tempat pendidikan formal di berbagai tingkatan, menjafikan kreativitas di bidang desain grafis berkembang biak secara luas.


Nah...mungkin kan...?? kalau semua peluang di tata kota ini semua dapat menambah rangakaian peluang dan ide bisnis kita untuk lebih kaya startegi untuk merintis/ membangun usaha di era persaingan sekalipun...


Semoga bermanfaat. Be Crative and  make all opportunity tobe brilliant idea...keep green on your busines...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: