Untuk melakukan sebuah Bisnis di era persaingan bebas “Benteng Moral dan Etika harus Ditegakan Guna Mengendalikan Kemajuan Usaha dan Penerapan Teknologi bagi Kemanusiaan” begitupun Tindakan Etis yang Merupakan Strategi Wirausaha Jangka Panjang Terbaik bagi Perusahaan”

Etika bisnis adalah sebuah perlakuan dan cara berbisnis yang benar sesuai kaidah dan tatanan di dunia usaha, dimana semua pengusaha dihadapkan pada norma-norma yang ada di masyarakat dan menjadi panduan dalam melakukan langkah-langkah untuk hidup di tengah masyarakat konsumen yang selalu mengamati perilaku dan sepak terjang seorang wirausaha dalam bermasayarakat`

Lalu unsur etika apa sajakah yang perlu ditanamkan pada seorang wirausaha untuk dapat selalu menjaga eksistensi usahanya sekaligus dapat mengawal perjalanan usajhanya menuju sukses? Penting untuk seorang wirausaha bahwa Setiap langkah usaha adalah etika.  Etika usaha sebagai karakter sebuah bisnis, tidak ada bisnis yang bernilai tanpa etika  Di Era MEA ETIKA BISNIS yang akan berbicara menjadi Daya Saing Usaha yang tak ternilai.

Bisnis yang beretika akan menjadi ciri karakter seorang wirausaha sejati yang selalu mengedepankan nilai-nilai moral dan spiritual dalam bisnisnya.  Dalam keadaan darurat tetap mampu berdiri atas kemampuan sendiri, mampu menolong dirinya keluar dari kesulitan, mampu mengatasi kemiskinan tanpa bantuan pemerintah dan biasanya mereka dalam keadaan normal mampu menjadikan dirinya maju, kaya dan berhasil dengan kemampuan dan kapasitas dirinya.

Yang harus ditanamkan untuk menjaga etika berwirausaha, adalah dengan menanamkan norma dan nilai-nilai yang mendukung usahanya untuk mendapatkan kepercayaan pasar/pelanggan maupun menjadi tauladan (bisnis model) dengan menjaga kejujuran, tanggung jawab, selalu berupaya menepati janji, melakukan disiplin diri, taat hukum, suka membantu dan bermanfaat untuk orang lain, menjaga amanah/komitmen, mau menghormati semua orang serta selalu mengejar prestasi (kesuksesan usaha yeng berkah).

Beretika dalam berbisnis juga adalah bilamana wirausaha itu sudah dapat merubah keberaniannya.  keberanian apa saja yang harus dirobah dalam mindset seorang wirausaha kalau mau sukses? Mulailah merubah Keberanian dalam berani bermimpi. berani mencoba, berani gagal, berani sukses, berani mengubah pola pikir dam berani membaca peluang.

Itulah sekilas strategi etika bisnis sebagai sikap awal kita menghadapi ERA MEA…. semoga sukses menjalankan bisnis dan selalu waspada bahwa bisnis beretika lebih penting untuk mengawal daya saing anda.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: