Awal tahun 2017 memberikan beberapa hal yang sangat penting bagi wirausaha dalam menjalankan bisnis. Lihat saja, bagaimana kebijakan pemerintah terhadap tariff listrik rumah tangga, kemudian biaya pengurusan kendaraan bermotor, kenaikan BBM meskipun disampaikan bukan premium dan solar. Belum lagi kenaikan harga cabai yang menyentuh harga diatas 100.000 per kilonya. Hal ini dapat dilihat dari pemberitaan yang disampaikan oleh berbagai media.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini harus ditanggapi dengan baik dan dipahami tentang bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis sehingga dipilih strategi yang paling tepat untuk menyikapinya agar perusahaan tetap mencapai tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tanggapan dari setiap entrepreneur akan menjadi kunci sukses wirausaha saat ini.


Kenapa demikian?  Inilah konsep yang menjadi point utama bagi setiap entrepreneur menjadi seorang ahli strategi bisnis dengan menerapkan strategic management dalam bisnis mereka. Atau kalau disederhanakan adalah bagaimana wirausaha berhubungan dengan strategic entrepreneur dalam menjalankan bisnis. strategic entrepreneurship yaitu bagaimana menggabungkan antara strategic management dengan entrepreneurship. Kedua ilmu ini menjadi dasar untuk menyikapi perubahan lingkungan bisnis seperti yang terjadi dalam konteks kenaikan harga dan biaya-biaya yang terjadi di negara ini.


Oleh karena itu, setiap wirausaha perlu melakukan beberapa hal yang paling relevan dengan bisnisnya yaitu pertama, kembali lagi memiliki mindset seorang wirausaha yaitu bahwa entrepreneur itu wajib memahami bahwa hal ini adalah sesuatu yang pasti terjadi dalam bisnis wirausaha. Bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi setiap saat. Jadi, jangan mengeluh denagn kejadian saat ini.


Kedua, wirausaha dituntut untuk memiliki dasar bahwa mereka harus menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen. Strategic management berhubungan dengan bagaimana wirausaha melakukan pengelolaan strategic atas lingkungan mulai dari analisis ligkungan diri, lingkungan internal bisnis sampai dengan lingkungan eksternal bisnisnya. Hal ini penting sebagai dasar seorang entrepreneur untuk menetapkan posisi mereka di pasar. ketiga, wirausaha harus bisa memilih strategi yang paling tepat bagi usaha mereka sehingga memberikan superior value bagi bisnsinya. Tentu dalam hal ini strategi fungsional dalam konteks keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang nantinya menjadi langkah keempat yaitu membuat program bagi bisnisnya sesuai dengan strategi yang dipilih.


Kelima, wirausaha akan menetapkan anggaran untuk menjalankan program yang sudah dibuat serta keenam, orang-orang yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana. Pada akhirnya, melakukan evaluasi dan kontrol atas strategi yang diterapkan.


Kembali ke kenaikan harga, disinilah seorang wirausaha  harus benar-benar memahami dengan baik kenaikan harga dan melihat pengaruhnya bagi bisnis dan menerapkan strategi bagi bisnisnya. Bagaimana dengan anda? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: