Beberapa waktu lalu, saya mengajarkan entrepreneurship di kelas yang menurut saya sangat penting untuk diberikan pengetahuan, pengalaman dan keberhasilan seorang entrepreneur dalam bisnis. Minggu lalu saya sudah memberikan gambaran kepada mereka untuk menggali potensi diri yang akan dikembangkan sebagai entrepreneur.


Setiap anak diberikan kesempatan untuk menggali potensi diri mereka dengan melihat masa lalu dan juga apayang selama ini mereka kerjakan. Ada yang memiliki potensi sebagai guru, mekanik, olahragawan, berdagang dan lain-lain. Rupanya, mereka sudah memiliki kesadaran untuk menjadi entrepreneur karena memang saat ini, konsep entrepreneurship sudah berkembang luas dimana-mana seiring dengan banyaknya pendidikan untuk menjadi entrepreneur.


Namun demikian, untuk menjadi seorang entrepreneur sukses, mahasiswa membutuhkan percepatan dalam proses pembelajaran menjadi seorang enterpeneur yang benar-benar menjadi seperti apa yang mereka ajakan dalam bisnis. Percepatan ini dengan mempelajarai seorang entrepreneur sukses menurut mahasiswa. Contoh sangat diperlukan untuk proses pembelajaran ini agar bisa dengn mudah dipahami oleh mereka.


Inilah yang rasanya perlu diberikan kepada para mahasisa dalam upaya peningkatan knowledge, skill dan attitude mereka untuk berbisnis. Dibutuhkan seorang role model yang mereka pahami, sukai dan bisa memberikan inspirasi kepada mereka dalam belajar dan menjalankan bisnis agar bisa sukses disaat ini dan yang akan datang. Minimal untuk jangka pendekselama satu semester ini mereka bisa memahami materi dengan baik dan cepat.


Berdasarkan pendapat yang diberikan oleh para mahasiswa, semua memberikan contoh yang berbeda-beda. Hal ini menggambarkan bagaimana setiap mahasiswa memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam bisnis. Preferensi ini memberikan gambaran bagaimana setiap entrepreneur itu memiliki persepsi yang berbeda-beda, learning yang berbeda-beda serta motivasi, personality dan attitude yang tentu mencirikan setiap orang pasti berbeda.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: