Program Belajar Bisnis atau yang lebih dikenal dengan Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM pada hari Jumat, 6 Januari 2016 merupakan program perdana pada tahun 2017. Kegiatan yang merupakan kerjasama PT Strabiz Manajemen Bandung (SMB) dengan Radio K-Lite ini sudah berlangsung selama tiga tahun dan menjadi media alternatif pembelajaran bagi wirausaha untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude untuk menjalankan bisnis, khususnya para karyawan yang sudah menjalankan bisnis atau yang lebih dikenal dengan pensiunpreneur. 


Kegiatan tadi malam membahas sebuah tema yang sangat penting dan berhubungan dengan hakekat seorang wirausaha dalam menjalankan bisnis. Apa itu? tema tentang karakteristik wirausaha yang dibahas secara mendalam oleh Prof. Yuyus suryana, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Selani itu, kegiatan ini dihadri juga oleh Meriza Hendri, CEO PT Strabiz Manajemen Bandung dan Adam Setia Neguara, Strabiz Media Group. 


"Wirausaha itu pada hakekatnya adalah jiwa dan mandiri" kata Prof Yuyus. hal ini dijelaskan secara mendetal dengan memberikan contoh dari pengalaman dalam menjalankan bisnis. Meriza juga memberikan contoh yang berdasarkan kepada pengetahuan dan pengalamnnya membantu wirausaha untuk maju, tumbuh dan berkembang. 


"Mandiri itu menjadi hal yang sangat mendasar untuk setiap wirausaha" kata Meriza yang digambarkan dengan bagaimana wirausaha itu harus bisa mengelola peluang dan bisnisnya secara mandiri. 


Prof Yuyus menekankan lima karakteristik wirausaha dari lebih dari 30 karakter yang ada. Kelima karakteristik itu sudah ditulis dalam buku yang ditulisnya dengan dukul Karakteristik Wirausaha. "ada lima karakteristik kunci yaitu seorang wirausaha itu harus bisa menjaga trust atau kepercayaan, lalu mampu membuat desain bisnisnya, menjaga kualitas, membangun networking serta membangun hubungan baik dengan stakeholders dalam bisnis" kata Prof Yuyus. 


Acara Belbiz ini juga membahas pertanyaan yang diajukan oleh sahabat Belbiz yang bertanya seputar kewirausahaan dan bisnis yang dijalankan. Tentu tidak lupa Adam memilih dua orang pemenang untuk mendapatkan hadiah pulsa dari Strabiz Manajemen Bandung. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: