Kenapa tulisan ini saya sampaikan di forum ini? hal ini menggelitik saya untuk menuliskan bagaimana kelemahan seorang manajer dalam mengelola proses bisnis dalam perusahaan mereka, apalagi mengelola keuangan, pemasaran, dan juga sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut. terlalu banyak “masalah yang terjadi sehingga perlu rasanya menulis sesuatu yang sering terjadi dan bermasalah bagi para entrepreneur dalam bisnis mereka.


Kelemahan seorang manajer ini seringkali kurang diperhatikan oleh banyak orang sehingga terkesan biasa saja dalam kehdiupan sehari-harinya. Kegiatan yang rasanya akan sangat terasa ketika memimpin perusahaan dalam skala kecil, menengah maupunb besar ketika dikonversikan dengan resiko atau biaya yang melekat dalam setiap kesalahan atau dampak dari kelemahan tersebut dalam menjalankan bisnis dan mengelola sumber daya yang ada.


Salah satu akibatnya adalah “perusahaan akan bubar” dalam artian bahwa bisnis para entrepreneur akan gagal total ketika terjadi miss management. Sebagai contoh, ketidak beranian seorang manajer untuk menindak bawahan yang bisa jadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau direncanakan dalam setiap proses bisnsi mereka. Dampaknya akan terjadi miss leading dalam perusahaan. akan ada bawahan yang kurang dimarahi ataupun karyawan yang sangat dimarahi dalam bisnis. Akan jelas dampaknya pada bagaimana kondisi hubungan antara karyawan tidak akan harmonis di dalamnya.


Hal ini sangat sederhana kalau dicari penyebabnya yaitu lemahnya leadership dalam perusahaan. inilah yangmenjadi kunci setiap entrepeneur yang menjalankan peran mereka sebagai seorang manajer. Konsep leading dalam proses manajemen disamakan dengan konsep actuating dalam proses manajemen tersebut. actuating berhubungan dengan bagaiaman setiap entrepeneur bisa fokus dalam menjalankan rencana yang sudah disusun dan pengorganisasian sumber daya yang ada dalam perusahaan tersebut.


Konsep leading perlu menjadi perhatian setiap entrepeneur dalam memimpin bisnis mereka. konsep ini berhubungan dengan bagaimana setiap orang bisa mempengaruhi orang lain agar bisa menjalankan apa yang sudah direncanakan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien pada tingkat atau level planning dalam keranga planning, organizing, actuating dan juga controlling.


Oleh karena itu, sisi yang paling lemah dari setiap entrepreneur ini harus diperbaiki dan direvisi agar kualitas manajerial yang dimiliki oleh para entrepeneur bisa menjadi lebih baik dan terus memberikan kontribusi kepada pencapaian tujuan bisnis setiap entrepeneur. jangan lemah pada aspek leadership ini karena akan berdampak pada bisnis itu sendiri. Peningkatan kualitas leadership oleh setiap manajer dalam menjalankan bisnis menjadi salah key success factor yang harus diperhatikan oleh setiap entrepreneur. 


So, marilah tingkatkan kualitas leadership setiap entrepeneur dalam menjalankan peran sebagai manajer untuk mencapai tujuan bisnis mereka yaitu profit, people,planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuhd dan berkembang, baik saat ini maupun yang akan datang. Saatnya entrepeneur fokus dalam mengurangi kelemahan dalam sisi manajerial mereka. salam juara .......
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: