“saya focus ke pemasaran saja ya sahabat Pak….” Inilah yang disampaikan oleh salah seorang pendengar Radio K-Lite dalam program belajar Bisnis atau Belbiz on Radio


Saya kaget sekali mendengar pernyataan tersebut yang bagi saya, menggambarkan persepsi entrepreneur terhadap bisnis yang seharusnya mereka pahami dengan baik dan jalankan seperti yang seharusnya.


Tentu kalau seorang entrepreneur hanya focus kepada satu fungsi manajemen yang ada, jelas, menimbulkan ketidakseimbangan dalam bisnis mereka. Hal ini dapat dilihat dari konsep balanced scorecard yang biasa digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis mereka.


Terlepas dari ukuran perusahaan atau bisnis yang seringkali dianalisis oleh banyak orang, jelas, mereka harus memahami bahwa yang dijalankan ini adalah tetap bisnis yang memiliki konsep TP = TR – TC. TP merupakan total profit yang dihasilkan dari selisih Total Revenue dengan Total cost.


RUmus ini merefleksikan empat fungsi manajemen yang merupakan aktivitas bisnis setiap entrepreneur. Kalau boleh digambarkan, TP itu relevan dengan manajemen keuangan atau aktivitas keuangan dalam perusahaan. Oleh karena itu, entrepreneur harus mengetahuai, memahami, menghayati dan menjalankan manajemen keuangan dalam bisnis mereka.


Total Revenue atau TR berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bisa menaikkan harga produk dan menjualnya dalam jumlah banyak.   Oleh karena itu, kegiatan TR ini berhubungan dengan manajemen pemasaran yang harus dilakukan entrepreneur.


Tentu tidak gampang dalam menjalankan pemasaran karena berhubungan dengan bagaimana membuat konsumen mengetahui keberadaan produk kita, tertarik bahkan berminat dan membeli produk tersebut. Setelahitu, mereka akan puas dengan kita sampai loyal. Tidak gampang tetapi inilah kewajiban setiap entrepreneur.


Kemudian, entrepreneur harus bisa menurunkan total cost dengan melakukan manajemen operasi dalam bisnis mereka. Hal ini menggambarkan proses bisnis yang ada dan harusnya mencapai optimasi dengan cost yang benar-benar minim untuk bisa mengoptimasi profit. Caranya, dengan menggunakan banyak tool seperti ERP, six sigma, total quality management dan lain-lain.


Aspek lainnya yang harus dilakukan adalah dengan mengelola sumber daya manusia dimana entrepreneur harus bisa mengelola karyawan sehingga mampu memberikan kontribusi yang  optimal kepada perusahaan.


Inilah empat aktivitas bisnis yang harus dikelola entrepreneur dalam bisnis mereka. Jadi, tidak boleh hanya focus kepada salah satu aktivitas saja. ….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: