Assalamualaikum wr. wb.


Saya baru akan menjadi seorang entrepreneur, yang ingin saya tanyakan, dalam mengelola bisnis atau usaha dari awal, apakah permulaan yang harus dilakukan dan disiapkan untuk bisa menjalankannya lebih lancar, seperti permodalan, properti, bahan-bahan, marketingnya dan lain-lain. Bagaimaan kiat untuk menjalankan bisnis tersebut?





Waalaikum salam wr. Wb.


Roni - Soreang





Wasalamualakum wr. Wb.


Terima kasih atas respon yang diberikan oleh Kang Roni dan ini menunjukkan bagaimana minat untuk menjadi seorang entrepreneur dalam diri sahabat K-Lite dan sahabat Belbiz mulai muncul. Hal ini harus dipertahankan dan dikembangkan untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses dalam bisnis yang dipilihnya.


Sebelum menjalankan bisnis, tentu yang harus dilakukan adalah analisis terhadap diri sendiri untuk menjadi seorang entrepreneur. Kami sendiri melihat bahwa analisis terhadap diri ini penting karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu bisa menemukan sebuah pilihan bisnis yang tepat sesuai dengan diri sehingga nantinya diharapkan akan tercapai percepatan bisnis. tidak seperti bisnis yang dilakukan oleh orang-orang y ang seringkali tidak sesuai dengan diri mereka.


Di Strabiz Manajemen Bandung sendiri sudah memiliki model yaitu Integrated Successful Pensiunpreneur Model yang melihat potensi bisnis setiap entrepreneur itu dari lima hal yaitu bakat, pengetahuan, skill, sikap serta morale.


Carilah bisnis yang sesuai dengan bakat yang dimilik wirausaha yaitu potensi diri dan passion yang dimiliki. Tidak kalah pentingnya juga adalah adanya bakat kubutuh atau necessity terhadap bisnis yang dijalankan.  Selanjutnya, carilah bisnis yang sesuai dengan pengetahuan bisnis dan manajemen yang dimiliki oleh calon entrepreneur. hal ini penting karena berhubungan dengan sejauh mana calon wirausaha itu mampu menjalankan usaha tersebut karena berhubungan dengan skill yang dimilikinya.


Yang selanjutnya adalah bagaimana bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan sikap profesionalisme yang dimiliki. Sikap jujur, disiplin, tanggungjawab adalah beberapa sikap  yang harus dimiliki untuk menjalankan bisnis yang dipilih.


Yan terakhir adalah bagaimana calon entrepreneur menguji tingkat keyakinan atas bisnis yang dijalankan nantinya serta bisa disiplin dan antusias dengan bisnis tersebut. ketika ini sudah dimiliki, barulah melihat pasar dan tips manajemen harus diterapkan dalam bisnis yang terdiri dari manajemen keuangan, pemasaran, operasi, dan sumber daya manusia.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: