Seharian kemaren saya melakukan sharing dengan teman-teman entrepreneur dan luar biasa, apa yang saya sampaikan selama ini kepada mereka dapat dicerna dan diterapkan dalam bisnis mereka. tidak disangka bahwa apa yang saya ajarkan bisa diterapkan dengan baik.


Memang ada sisi yang masih bolong sih, tetapi, itu yang membuat saya teringat dengan konsep strategi yang memang menjadi hal yang harus diketahui, dipahami, dihayati serta diterapkan oleh teman-teman entrepreneur.


Hal yang berhubungan dengan strategi menyangkut tentang ciri strategi tersebut yaitu tidak bisa di copy paste antara satu strategi suatu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya. Atau bahkan strategi dalam satu perusahaan tetapi berbeda dimensi waktu, tidak bisa juga di copy paste kan oleh para entrepreneur.


kenapa demikian? Inilah karakteristik dari setiap strategi itu yaitu tidak bisa dicopy paste langsung. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak pasti dan tidak bisa dikontrol serta bahkan mengalami turbulensi. Inilah faktor yang utama yang membuat strategi itu tidak bisa di copy paste kan.


Oleh karena itu, pilihan strategi, baik ditingkat korporat yaitu ekspansi, stabilitiy, penciutan atau kombinasi, serta ditingkat bisnis, apakah itu cost leadership, focus cost leadership, diferensiasi atau focus diferensiasi dan juga strategi ditingkat fungsional yaitu strategi keuangan, strategi pemasaran, strategi operasi dan strategi sumber daya manusia itu harus dianalisis dulu lingkungan internal dan lingkungan eksternal bisnis mereka.


Kejelian dalam analisis lingkungan tersebut, baik yang akan menghasilkan kekuatan maupun kelemahan serta peluang dan ancaman akan menentukan pilihan strategi oleh para entrepeneur. Dasarnya adalah posisi entrepreneur itu sendiri di pasar yang dibandingkan dengan pesaing. Inilah yang harus diperhatikan oleh para entrepeneur bahwa strategi itu tidak bisa di copy paste kan…. sukses buat kita hari ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: