Assalamualaikum wr. wb.


Sebagai seorang usahawan yang awam, tidak handal, apakah perlu juga untuk belajar berbisnis semisal mengikuti suatu kursus/pelatihan enterpreneurship lebih giat agar kita lebih faham/mengerti tentang cara-cara menjalan bisnis yang tepat guna, untuk itu seperti apa caranya dan untuk mengikutinya?


Waalaikum salam wr. Wb.


Ruhyana Moh.toha





Wasalamualakum wr. Wb.


Menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan hidup yang harusnya menjadi sebuah kegiatan yang benar-benar memiliki dasar yang kuat, khususnya pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang benar. Kalau ini tidak dimiliki oleh para entrepreneur, maka akan membuat bisnis menjadi gagal dan pastinya, tujuan setiap bisnis untuk mencapai profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Salah satu faktor penentu keberhasilan dan kegagalan setiap entrepreneur adalah mindset kewirausahaan, kapabilitas menjalankan bisnis serta bagaimana mengenal linkungan bisnis dimana bisnis itu dijalankan. Semuanya harus dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Jangan sampai salah satu tidak ada karena akan mempengaruhi kualitas inovasi bisnis.


Untuk mengembangkan faktor-faktor ini, tentu wirausaha perlu mengembangkan diri melalui pendidikan di kuliah atau mengikuti pelatihan. Tentu kalau sekolah atau  kuliah, akan membutuhkan waktu yang lama danfokus ilmunya juga berbeda karena akan lebih banyak teori. Berbeda dengan pelatihan yang fokus pada peningkatan knowledge, skill danattitude (KSA) karena materi dan metode serta instruktur yang relevan dengan bisnis.


Disinilah pelatihan perlu diikuti oleh wirausaha untuk mencapai sukses. Oleh karena itu, pelatihan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis yang pada akhirnya bisa mencapai tujuannya.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: