Assalamualaikum wr. wb.
Perkenalkan, nama saya Taufik dan selalu mengikuti program belbiz ini. saya ingin mengetahuai bgaimana cara awal membuat sebuah brand produk agar bisa dikenal ke publik?
Wassalam
Taufik – cimahi


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang pak Taufik sampaikan kepada saya dan pastinya membahas tentang merek menjadi hal yang penting bagi setiap entrepreneur agar menjadi bisnis yang kuat dan bahkan sangat strategis bagi para entrepreneur agar bisa membuat bisnisnya tetap profit, people, planet dan bahkan jangka panjang.

Hanya saja, orang seringkali terjebak pada upaya membangun merek yang cepat dan nyeleneh. Mereka lupa tentang konsep brand itu sendiri karena bukan karena mudah diingat saja,sehingga dengan brand name yang nyeleneh, seolah-olah sudah bagus brand nya dan pasti akan berhasil. Kenyataannya? Belum tentu karena hal ini akan membuat kondisi yang kontra produktif. Lihat saja banyak merek yang tidak bisa bertahan lama karena mereka tidak bisa memahami makna merek dengan baik.

Oleh karena itu, hal yang pertama danharus dilakukan oleh para entrepreneur adalah memahami diri, produk dan perusahaan mereka. Hal berhubungan dengan keunggulan diri, produk dan perusahaan itu sendiri yang menjadi dasar untuk membuat sebuah brand atau merek.intinya, buatlah merek sesuaidengan core competency yang dimilki. 

Kedua, melihat pasar dan pesaing. Pasar itu relevan dengan konsumen produk dan bisnis para entrepreneur karena berhubungan dengan need, want dan demand serta perilaku daripada konsumen. hal ini menjadi pertimbangan juga dalam membuat brand. Lihat saja entrepreneur yang gagal memahami konsumen sehingga mereknya tidak bisa diterima pasar. demikian juga dengan pesaing, harus dilihat agar mereka tidak melakukan repeatation atau pengulanan sehingga dianggap menjiplak merek orang lain.
Ketika itu sudah dilakukan, tetapkan brand name atau nama merek terdiri dari satu sampai tiga suku kata, menetapkan jenis huruf, warna, kotak atau lingkaran, ukuran huruf sampai dengan logo sehingga benar-benar mencerminkan sebuah brand. Inilah beberapa hal yang harus dibuat oleh para entrepreneur dalam berhubungan dengan merek.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: