Assalamualaikum wr. wb.
Perkenalkan nama saya Doni dan dulu saya pernah berbisnis, akan tetapi, saya mengalami kegagalan dan pastinya berdampak pada psikis saya. Mohon saran bagaimana mengembalikan mental yang sudah down karena bisnis gagal, mungkin ada kiat agar mental menjadi entrepreneur tumbuh dan kuat utk jadi sukses?
Wassalam
Doni, Marga Asih - Bandung  


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami karena itu adalah sebuah kondisi yang sering atau bahkan menjadi proses yang harus dilewati para entrepreneur. Setiap entrepreneur akan menghadapi kondisi seperti ini dan bila berhasil melewatinya, akan mampu menjadi seorang entrepreneur sukses. Hal yang paling nyata adalah bagaimana mentalnya juga jatuh dan menjadi aspek  yang paling menentukan dalam menjalankan bisnis.

Ketika mental para calon entrepreneur sudah jatuh, maka mereka harus memperhatikan diri jangan sampai down terlalu lama. Ketika ini terjadi, maka itu akan berdampak pada diri dan bisnis dalam jangka panjang. Banyak orang yang gagal mengelola emosinya dan bisnis yang sudah dijalankan tidak akan dijalankan kembali. Bahkan memberitahukan banyak orang bahwa menjadi entrepreneur itu membuat masalah  yang luar biasa kepada mereka.

Oleh karena itu, entrepreneur harus bangkit kembali dalam membangun bisnis. kegagalan itu adalah bagian dari proses mereka belajar dalam bisnis dimana dengan kegagalan, ada pelajaran yang luar biasa untuk membangun bisnis. Sayang sekali pelajaran dari kegagalan itu tidak diambil dan memperbaiki diri dan bisnis dimasa depan. Penting bagi para entrepreneur untuk bangkit kembali. Disinilah mindset para entrepreneur untuk kembali meraih sukses.

Hal nyata yang bisa dilakukan adalah kembali ingat visi para entrepreneur yang akan dicapai dalam bisnis. Visi berbicara tentang impian yang hendak dicapai para entrepreneur dalam masa depan minimal untuk sepuluh tahun kedepan. Dengan kekuatan visi, mental yang down tadi juga bisa kembali kuat dan pastinya membuat energy baru bagi entrepreneur dalam berbisnis dan kembali menjalankan bisnis. ingat kembali impian yang hendak dicapai.

Selanjutnya adalah belajar lagi dari kegagalan untuk menjalankan bisnis dalam aspek keuangan, pemasaran, keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Yang terakhir, carilah coach dan mentor untuk kembali bangkit dalam bisnis.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: