Assalamualaikum wr. wb.
Bagaimana bangkit dari kegagalan yang sudah menimpa diri?
Wassalam
Doni, bandung  


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan yang diberikan dalam program Belbiz ini dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami menjadi sangat berarti sebagai bentuk respon yang diberikan oleh Bapak Doni terhadap pelaksanaan proses belajar ini.


Bicara kegagalan adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari diri setiap entrepreneur karena ini menggambarkan bagaimana proses bisnis yang harus dilewati untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang. Semuanya harus dilewati oleh entrepreneur kalau ingin sukses dan tentunya menjadi bisnis yang berkah dunia dan akhirat.


Dalam proses tersebut, ada kegagalan yang terjadi dalam diri dan bisnis para entrepreneur yang disebabkan oleh diri sendiri, lingkungan internal bisnis ataupun lingkungan eksternal bisnis. tentu hal ini harus dilihat sebagai sesuatu hal yang nyata dan tidak bisa dihindari dalam berbisnis. Ketiga lingkungan ini harus benar-benar dipahami dengan baik.


Hal pertama yang dilakukan adalam menganalisis kenapa terjadai kegagalan dalam diri setiap entrepreneur, lihat ketiga lingkungan itu dan pastikan mana yang paling menentukan. Biasanya, yang paling berpengaruh adalah lingkungan diri sendiri khususnya tentang kompetensi dalam berbisnis yang masih rendah. Pengetahuan tentang bisnis dan manajemen biasanya menjadi faktor yang menentukan gagalnya entrepreneur dalam menjalankan bisnis.


Barulah setelah itu bicara kapabilitas organisasi yang dimiliki oleh perusahaan entrepreneur dalam berbisnis dan ketiga lingkungan eksternal. setelah diketahui, masuk kelangkah kedua yaitu mendefinisikan tujuan dari entrepreneur dalam berbisnis. Hal ini menjadi salah satu fondasi untuk bangkit dari kegagalan. Tetapkan kesuksesan dalam berbisnis dan yang dicapai untuk sukses bisnis.


Barulah setelah itu bangkit dengan menjalankan rencana aksi untuk bangkit menggapai impian  yang sudah ditetapkan oleh diri para entrepreneur.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: