Assalamualaikum wr. wb.
Saya adalah seorang pedagang di pasar dan berbisnis kelontongan. Hal yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana caranya meningkatkan omzet yang stagnan  karena berhubungan dengan pendapatan perusahaan. Seringkali saya putus asa menghadapi kondisi seperti sekarang ini.
Wassalam
Dodi lagadar, Bandung  


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan dan tanggapan yang diberikan terhadap program Belbiz on Radio, khususnya yang berhubungan dengan bagaimana meningkatkan branding dalam diri dan bisnis setiap entrepreneur. tentu hal ini berhubungan dengan omzet setiap entrepreneur dalam berbisnis karena pada hakekatnya branding tersebut akan fokus pada tujuan akhir yaitu bagaimana terjadinya penjualan atau sales bagi bisnis para entrepreneur.

Saya sendiri seringkali melihat seorang pedangan itu belum memiliki mindset sebagai seorang pebisnis dan lebih fokus pada berdagang saja. Sementara, bisnis itu lebih dari seorang pedagang karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu bisa melihat kondisi lingkungan bisnis untuk dijadikan sebagai sebuah peluang ataupun ancaman serta lingkungan internal sebagai sebuah kekuatan ataupun kelemahan bagi bisnisnya.

Oleh karena itu, mindet harus dirubah dulu menjadi sebuah hal yang mendasar  yaitu menjadi seorang pebisnis. Setelah itu, entrepreneur harus benar-benar melihat peluang bisnis dan optimasi peluang tersebut untuk bisnis mereka. Tidak dapat dipungkiri bahwa seringkali peluang bisnis tidak dioptimasi untuk mencapai tujuan tersebut. Demikian juga dengan ancaman yang ada dari lingkungan bisnis dimana entrepreneur seringkali gagal meminimalisir dampak dari ancaman yang ada.

Selain itu, entrepreneur juga fokus pada memberikan produk yang berkualitas, memberikan service excellence serta menjaga hubungan baik dengan konsumen. semuanya harus benar-benar dilakukan oleh para pebisnis, termasuk juga bapak agar bisa terus meningkatkan omzet memalui  konsumen yang sudah pernah mendapatkan layanan dari entrepreneur.

Oleh karena itu, kembali tingkatkan mindset untuk menjadi seorang pebisnis terlebih dahulu dan bukannya sebagai seorang pedagang.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: