Salah satu tugas seorang entrepeneuR adalah menilai dan mengukur kinerja perusahaan yang mereka jalankan secara berkala. Inilah tugas yang paling utama bagi setiap entrepreneur setelah mereka membuat perencanaan, pengorganisasian dan jugamenjalankan seluruh rencanan yang sudah dibuat. Tentu indikator yang utama adalah apakah tujuan bisa tercapai atau tidak. Inilah yang menjadi bahasan kemaren dalam program monthly business review.


Keberhasilan seorang entrepreneur adalah akumulasi dari capaian-capaian atas fungsi-fungsi manajemen atau kinerja dari fungsi-fungsi manajemen yaitu kinerja dari sumber daya manusia, kinerja internal business process, kinerja pemasaran dan juga kinerja keuangan. Keempat kinerja inilah yang membentuk kinerja perusahaan yang menjadi tujuan dan target dari setiap enrepreneur dalam menjalankan usaha mereka.


jelas masih ingat bagaimana setiap entrepreneur harus mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainaibility serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro ke kecil, kecil ke menengah, menengah ke besar yang harus dicapai dalam waktu yang tidak singkat. Ada dimensi waktu selama 10 tahun yang harus diperhatikn


Kinerja perusahaan harus dilihat secara objektif sehingga dapat dipahami bagaimana perusahaan itu apa adanya. Indikator yang dinilai adalah bersifat financial dan non financial bagi perusahaan itu sendiri. indikator financial jelas berhubungan dengan aspek-spek keuangan yang ada dan dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan. jadi, tugas seorang entrepreneru adalah membuat laporan keuangan yang dibantu oleh tim mereka.


Adapun kinerja non keuangan terdiri dari kinerja pemasaran bisa berupa AIDA + puas + loyal, market share, brand loyalty dan lain-lain, kemudian, kinerja internal business process seperti tingkat defect, TQM dan lain-lain. Kinerja learning and growth adalah bagaimaan perusahaan terus berkembang dengan produk baru, kualitas sumber daya manusia dan lain-lain.


Inilah yang perlu menjadi perhatian setiap entrepreneu agar bisa memberikan kinerja yang optimal bagi usaha mereka. Kinerja ini harus terus diukur agar bisa mengetahui sejauh mana perusahaan mencapai tujuan sehingga dapat memberpaikinya kedepannya. Inila yang yang menjadi point utama dalam kelas monthly business review yang menjadi agenda bulanan di GIMB Entrepreneur School.. semoga bermanfaat.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: