Beberapa hal yang sangat penting dipahami oleh para wirausaha saat ini adalah perubahan situasi politik menjelang pemilihan kepala daerah secara serentak di Indoneisa. Pesta demokrasi yang melibatkan jutaan rakyat Indonesia untuk memilih pemimpin yang menjadi kepala daerah untuk bisa menjalankan roda pemerintahan yang kuat sehingga Indonesia menjadi kuat dan semakin bisa memberikan tujuan berupa mensejahterakan rakyat Indonesia.


Hanya saja, kondisi politik yang memanas ini berdampak kepada berbagai aspek kehidupan yaitu kondisi ekonomi, sosial, budaya  dan teknologi. Pastinya adalah bentuk dinamika lingkungan bisnis  yang terjadi di bangsa ini. berita yang ditayangkan di berbagai media menunjukkan bagaimana kondisi politik sudah berdampak kepada masyarakat. Bahkan saat ini sudah terpolarisasi untuk mendukung salah satu calon yang akan menjadi pemimpin daerah.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang harus diambil agar tetap bisa menjalankan bisnis sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Kembali konteks yang harus dipahami adalah bagaimana entrepreneur itu menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen dan salah satu hal yang paling utama adalah memiliki mindset kewirausahaan atau entrepreneurial mindset.


Variabel ini menjadi faktor kunci bagi wirausaha menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen dimana mindset kewirausahaan itu berdasarkan kepada lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Mindset kewirausahaan itu merupakan sikap mental seorang wirausaha dalam melihat perubahan lingkungan dan salah satu dimensinya adalah kecepatan merespon perubahan, kecepatan membuat keputusan dan kecepatan mengambil tindakan.


Ketiiga kecepatan ini penting bagi wirausaha karena sekali lagi perubahan lingkungan itu sangat cepat. Respon ini menggambarkan bagaimana wirausaha itu mampu memberikan tanggapan positif terhadap perubahan lingkungan. Jadi, tidak bersikap apatis tetapi melihat itu sebagai sesuatu yang pasti dan mempelajari perubahan serta dampak dari perubahan tersebut.


Selanjutnya adalah kecepatan membuat keputusan. Jelas, tugas seorang entrepreneur ketika terjadi perubahan situasi politik dituntut untuk bisa membuat keputusan yang cepat dan tepat. Artinya, keputusan itu yang dituntut untuk bisa memanfaatkan setiap peluang dan meminimalisir ancaman dari setiap perubahan politik.


Yang terakhir adalah kecepatan bertindak dimana wirausaha harus bisa melangka aksi nyata terhadap perubahan lingkungan politik di negara ini. inilah waktunya entrepreneur membuat respon yang cepat, keputusan yang cepat serta tindakan yang cepat dari setiap perubahan lingkungan politik di negara ini. bagaimana dengan anda?
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: