Seorang entrepreneur yang berkomitmen untuk menjadi entrepreneur sukses dengan indikator bisnis mereka itu menghasilkan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang harus mengambil peran sebagai ahli strategi. Kenapa demikian?


Ada satu konsep yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur bahwa seorang entrepreneur sukses tersebut harus memahami bisnis dan lingkungan bisnis. Selanjutnya, untuk membuat bisnis tersebut bisa jangka panjang, maka entrepreneur harus memahami manajemen dan salah satunya adalah manajemen stratejik.


Konsep yang paling berhubungan dengan ahli strategi ini adalah lingkungan bisnis dimana bisnis setiap entrepreneur berada. Ada tiga konsep lingkungan bisnis yaitu diri mereka sendiri, lingkungan internal bisnis dan juga lingkungan eksternal bisnis para entrepreneur. llingkungan bisnis itu sendiri akan selalu berubah, penuh ketidak pastian, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi atau perubahan tida-tiba dan berdampak pada bisnis mereka.


Bicara strategi berhubungan dengan rencana jangka panjang yang menhubungkan antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal dalam mencapai tujuan. Konsep lainnya adalah bagaimana setiap entrepreneur bisa memilih keputusan terbaik yang dapat memberikan superior value bagi setiap konsumen.


Inilah yang menjadi dasar seorang entrepreneur untuk menjadi seorang ahli strategi. Salah satu strategi adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh setiap entrepreneur. Konsep CSR ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam kerangka membangun bisnis untuk saat ini dan jangka panjang.


Kenapa entrepreneur perlu mengambil strategi ini? Hal ini berhubungan dengan perubahan lingkungan bisnis saat ini yang menuntut entrepreneur peduli dengan lingkungan sosial dan juga lingkungan alam dimana bisnis mereka beroperasi. mereka itulah yang disebut dengan stakeholder atau seluruh pihak yang mempengaruhi dan terpengaruh oleh setiap kebijakan dan operasional perusahaan.


Tujuan entrepreneur memilih strategi dengan menerapkan program CSR ini adalah bagaimana perusahaan mencapai sustainability dalam bisnis mereka. contoh saat ini dimana alam begitu “menunjukkan bentuk aslinya” dengan hujan yang tidak berhenti, banjir dimana-mana, adalah bentuk alam sudah kecewa dengan manusia. Tindakan illegal loging dan merubah hutan menjadi tempat tinggal serta tidak dipelihara dengan baik, sudah membuat ketidakseimbangan di alam ini.


Demikian juga dengan kegiatan bisnis yang tidak memperhatikan kondisi sosial masyarakat dimana perusahaan entrepreneur lebih fokus kepada pencapaian profit sehingga seringkali masyarakat sekitar perusahaan mereka kurang terperhatikan. Dampaknya? Ada entrepreneur yang tidak mendapatkan ijin dari masyarakat untuk beroperasi, ada yang didemo oleh masyarakat sekitar dan bahkan mengganggu proses bisnis mereka.


Oleh karena itu, perlu strategi untuk menghindari hal ini agar bisnis tetap bisa beroperasi dan terus mencapai tujuan sesuai dengan yang sudah ditetapkan dan direnanakan oleh setiap entrepreneur. so, jelas bahwa setiap entrepreneur harus menjadi ahli strategi dan salah satunya adalah dalam menetapkan program CSR bagi perusahaan mereka.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: