Banjir saat ini menimpa ibukota negara ini dan bahkan menjadi isu nasional yang mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Lihat saja bagaimana pengungsi di berbagai lokasi dan membuat mereka harus merasakan dampak dari bencana alam berupa banjir. Banjir yang sudah menimpa hampir sebagian besar kota Jakarta dan memberikan dampak yang luar biasa bagi berbagai kegiatan masyarakat Jakarta. Belum lagi kegiatan bisnis banyak terhenti.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang berharga dari bencana alam banjir ini karena berhubungan dengan lingkungan bisnis dan salah satunya adalah geografi. Hal ini lah yang menjadi faktor utama bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Lingkungan alam itu sifatnya adalah given atau sudah diberikan oleh Allah SWT dimana alam sudah diciptakan untuk kepentingan umat manusia, termasuk para entrepreneur.


Banjir adalah salah satu kondisi alam yang terjadi di Indonesia ini dan bahkan sudah menjadi bencana rutin yang dihadapi oleh bangsa ini. akan tetapi, sebenarnya negara lain juga memiliki potensi untuk menderita banjir karena memang ini merupakan kondisi alam yang sebenarnya juga memberikan value bagi manusia. Dengan adanya hujan, menjadi berkah bagi manusia. Hanya saja, tentu bagaimana bangsa di suatu negara bisa mengelola alamnya dengan baik.


Terlepas dari itu semua, tentu yang paling penting bagi setiap entrepreneur adalah bagaimana mereka bisa memahami dengan baik kondisi lingkungan alam ini karena berhubungan dengan bagaimana alam, ini merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi bisnis berupa peluang atau ancaman bagi para entrepreneur. hal yang paling penting bagi entrepreneur adalah memahami siklus hujan yang terjadi. Hal ini dapat dilakukan dengan memahami prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh pemerintah secara berkala. Tentu hal ini bisa menjadi basis untuk membuat keputusan bisnis bagi para entrepreneur.


Yang tidak kalah penting adalah memahami kondisi lingkungan alam itu sendiri karena berhubungan dengan bagaimana dampak lingkungan terhadap entrepreneur. selanjutnya, menganalisis dampak perubahan lingkungan terhadap entrepreneur dan bisnisnya selain membuat strategi bisnis untuk meminimalisir resiko banjir dengan merubah proses bisnis yang terjadi dalam sebuah bisnis. hal ini bisa dilakukan dengan memahami dampak dari perubahan lingkungan dengan baik dan tindakan yang diambil tersebut harus benar-benar dievaluasi yang dilihat dari aspek. Disinilah seorang entrepreneur harus bisa menjadi ahli strategi dengan memperhatikan lingkungan alam. Bagaimana dengan anda? Hmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: