Dalam beberapa analisis yang sudah dilakukan terhadap strategic thinking yang harus dilakukan oleh para entrepeneur, terdapat satu lingkungan yang harus dipahami dengan baik selain lingkungan internal dan lingkungan eksternal bisnis itu sendiri yaitu individu atau setia orang yang memiliki menjadi entrepreneur. atau lebih sederhana, salah satu lingkungan para entrepreneur adalah entrepreneur itu sendiri.


Kenapa demikian? Bagi para karyawan, jelas, lingkungan bisnis mereka cukup dua yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal bisnis mereka. Pengaruh individu owner bisa jadi tidak terasa karena memang usaha atau bisnis tersebut sudah tersistematisir dengan baik, akan tetapi, bukan berarti tidak berpengaruh ya.. hanya intensitas pengaruhnya saja yang relatif kecil, apalagi bila perusahaan mereka sudah go public.


Pelajaran kelas preview kemaren serta kelas tentang bisnis dan lingkungan bisnis kepada para entrepreneur di GIMB Entrepreneur School menjadi penting dan relevan dengan bahasan ini. Bagaimana pengaruh individu terhadap bisnis sangat signifikan dimana keberhasilan bisnis mereka sangat tergantung kepada diri para entrepreneur.


Perlu dipahami bahwa individu para entrepreneur harus dipahami dengan baik. Belajar dari model yang disampaikan oleh schiffman, bahwa individu itu dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal entrepreneur itu sendiri. faktor internal terdiri dari bagaimana persepsi entreprneeur terhadap konsep entrepreneurship. Setelah itu, dipengaruhi oleh motivasi menjadi entrepreneur, learning, personality serta attitude atau sikap mereka terhadap entrepreneurship itu sendiri.


Faktor eksternal para entrepreneur yang perlu diperhatikan adalah lingkungan keluarga (family) yang paling dekat dengan para entrepeneur, lingkungan sosial serta lingkungan budaya dimana entrepreneur berada. Hal inilah yang perlu dipahami oleh setiap entrepreneur agar bisa menjadi entrepreneur sukses. Analisis terhadap lingkungan individu para entrepreneur akan menjadi sangat penting dan strategic. Sukses buat kita hari ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: