Lingkungan bisnis yang ada di setiap entrepreneur saat ini semakin terasa perubahan, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan turbulensi yaitu perubahan yang terjadi secara tiba-tiba yang membuat entrepreneur dan bisnisnya dituntut untuk bisa menghadapinya dengan baik. tentu harapannya bisa memberikan value kepada setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis sehingga tujuan bisnis bisa tetap bisa tercapai. Ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa ditolak oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Lingkungan politik, sosial, budaya dan ekonomi yang selalu tidak menentu.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat penting dalam membuat bisnisnya tetap bisa mencapai tujuan. Salah satu hal yang paling penting adalah bagaimana membuat inovasi dalam bisnis. akan tetapi, hal ini tidak bisa sebatas inovasi saja, harus menjadi sebuah strategi inovasi bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. konteksnya adalah bagaimana mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah yang bisa diterima oleh pasar, inilah yang disebut dengan inovasi.


Hanya saja, strategi inovasi itu berhubungan dengan bagaimana entrepreneur perlu membuat inovasi berdasarkan pada lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Setelah itu, dilakukan analisis SWOT untuk menentukan posisi bisnis wirausaha di dalam lingkungan bisnis tersebut. tentu hal ini harus benar-benar dipahami untuk menentukan strategi inovasi di perusahaan.


Dalam konteks ini, seorang entrepreneur harus benar-benar memahami posisi yang dimilikinya untuk membuat strategi inovasi. Jelas sekali strategi inovasi ini membuat perusahaan harus dilakukan pada aspek keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia sehingga entrepreneur tetap bisa mencapai superior value dalam bisnis mereka. Hal ini tidak bisa dipungkiri oleh setiap entrepreneur dalam upaya mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage sehingga tujuan bisnis dapat dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Strategi inovasi dilakukan tidak hanya pada salah satu fungsi manajemen, akan tetapi untuk keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang melekat pada bisnis setiap entrepreneur. inovasi keuangan adalah mencari keuangan dari perbankan, pkbl, kerjasama dan lain-lain. Inovasi juga cost control. Inovasi pemasaran dengan promosi yang low cost dan service excellence. Inovasi di operasi melalui business process serta pengelolaan sumber daya manusia. Inilah strategi inovasi yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur. bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: