“saya tidak mau terlibat dalam diskusi tentang politik yang pastinya akan berdampak pada bisnis saya: kata salah seorang wirausaha dalam sebuah diskusi bisnis yang dibuat untuk memberikan insight pada diri setiap wirausaha. hmmm.. saya cukup kaget dengan pernyataan yang disampaikan oleh wirausaha ini karena ini menunjukkan seorang wirausaha yang tidak siap menjadi seorang ahli strategi dalam bisnis yang dijalankannya, sementara, sudah seharusnya saat ini wirausaha membangun sebuah kesadaran bahwa setiap wirausaha harus menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen.


Sebagai seorang entrepreneur, sudah waktunya untuk mulai membangun sebuah mindset untuk menjadi wirausaha sukses dengan memahami dengan baik situasi politik bangsa ini karena banyak hal yang ditinggalkan oleh wirausaha karena mereka tidak mau memahami dengan baik tentang situasi politik, membuat mereka cuek atau apatis dengan kondisi politik dan bahkan tidak mau mendengar bahasan tentang politik.


Sejatinya, dalam lingkungan bisnis, ada situasi politik yang melibatkan pemerintah dengan kapasitas mereka sebagai penguasa dan akan memperhatikan berbagai hal tentang situasi politik. Mindset ini penting karena menjadi dasar bagi wirausaha dalam menyikapi perubahan kebijakan yang dibuat pemerintah.


Dalam hal ini juga, perlu dipahami bahwa wirausaha tidak boleh apatis terhadap kebijakan pemerintah. Kenapa demikian? Suka tidak suka, inilah konsep yang perlu dipahami yaitu politik ekonomi yaitu bagaimana kondisi pollitik yang mempengaruhi ekonomi suatu bangsa dan termasuk wirausaha dalam menjalankan bisnis.


Langkah selanjutnya adalah wirausaha perlu memahami dengan baik kondisi politik saat ini. yang jelas, dalam konteks politik, yang paling memegang peranan penting adalah kepentingan dari pihak-pihak yang terlibat dalam politik tersebut yaitu pemerintah. Pahami kepentingan pemerintah dalam setiap kebijakan yang mereka keluarkan sehingga jelas alasan dan tujuan sebuah kebijakan dibuat. Tentu semuanya ada latar belakang pembuatan kebijakan dan nantinya, wirausaha perlu fokus memahami dengan baik kebijakan yang dikeluarkan dan bagaimana pemerintah menjalankan kebijakan tersebut. pelaksanaannya akan menentukan bagaimana dampak dari setiap kebijakan kepada wirausaha.


Barulah setelah itu, wirausaha mengambil sikap dalam menghadapi kebijakan yang dibuat pemerintah. Disinilah konteks bagaimana wirausaha menjalankan peran sebagai seorang ahli strategi dengan menetapkan strategi untuk menyikapi kebijakan pemerintah.


Disinilah terujinya seorang wirausaha dalam menjalankan bisnis dan berbagai kebijakan pemerintah tidaklah menjadi ancaman yang akan merugikanwirausaha karena sudah diantisipasi dengan strategi bisnis yang dibuat sampai dengan implementasinya. Hanya saja, tetap, diakhir harus melakukan evaluasi dan kontrol atas kebijakan strategi dalam menghadapi kebijakan pemerintah.


Oleh karena itu, masih apatis dengan politik? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: