Assalamualaikum wr. wb.
Perkenalkan, nama saya Rudi dan saat ini saya masih bekerja di perusahaan orang lain. Saya tertarik menjadi pensiunpreneur, tetapi, belum paham hakekat seorang pensiunpreneur. Mohon pencerahan dan kapan baiknya saya menjadi pensiunpreneur?
Wassalam
Rudi - Bandung  


Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih Pak Rudi yang sudah bergabung dengan program Belbiz on Radio ini dan pastinya diharapkan bisa memberikan value kepada Bapak dalam membangun mindset seorang pensiunpreneur dan minat untuk menjadi seorang pensiunpreneur.

Bicara pensiunpreneur, bagi saya adalah seorang mantan karyawan yang memiliki mindset yang digunakan untuk melihat atau menciptakan peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis yang bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan alam dalam jangka panjang.jadi, intinya, seorang karyawan yang berhenti atau pensiun dan kemudian membangun bisnis. tetapi, hal ini bukanlah sebuah pekerjaan, akan tetapi sebuah mindset atau sikap mental yang harus dimiliki oleh mantan karyawan tersebut.

Kapan baiknya? Ini adalah pertanyaan yang seringkali saya dapatkan dari calon pensiunpreneur dan mereka semua berniat untuk menjadi seorang pensiunpreneur. Sebelum menetapkan tanggal, saya mendorong seorang karyawan untuk menetapkan niat untuk menjadi pebisnis dulu. Lebih baik waktu muda karena kreativitas dan inovasi masih tinggi selain tenaga dan fikiran juga masih fresh. Demikian juga dengan fisik yang masih kuat.

Setelah niat, mulai mengevaluasi atau melakukan assessment terhadap diri yang meliputi talent, knowledge, skill, attutide serta morale. Hal ini saya sebut dengan integrated successful pensiunpreneur model (ISP Model). Saya bisa membantu untuk analisis potensi bisnis yang paling sesuai dengan diri masing-masing karyawan. nanti akan saya bandingkan dengan peluang yang ada di pasar.

Setelah itu, tentu buat perencanaan dan persiapkan modal. Ingat, modal tidak harus besar, tetapi, minimal untuk operasional. Selain itu, kalau sudah berkeluarga, sisihkan dana untuk 12 bulan gaji biar keluarga tetap bisa berjalan. 

Barulah setelah itu putuskan untuk menjadi pensiunpreneur. Ketika semakin cepat melakukan hal di atas, maka akan semakin cepat memutuskan menjadi pensiunpreneur.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: