A great relationship can take years to build, but moments to destroy - if you don’t communicate with people sensitively itulah salah satu kalimat dalam jurnal yang berjudul protect your relationship (www.mindtools.com). Membangun hubungan yang great membutuhkan tahunan namun untuk menghancurkannyam, tidak butuh waktu lama yaitu dengan komunikasi yang tidak sensitif dengan para stakeholder.


Komunikasilah yang bisa membuat hubungan antara entrepreneur dengan stakholdernya rusak atau hancur dan pastinya berdampak kepada bisnis untuk jangka panjang yang dimiliki oleh entrepreneur itu sendiri. Bisnis bisa tumbuh dan berkembang dengan komunikasi, tetapi bisa hancur juga dengan komunikasi.


Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus memiliki soft skill yang satu ini karena berhubungan dengan salah satu key success factor dalam berbisnis yang kalau bisa dijalankan dengan baik, maka bisnisnya akan terus maju dan berkembang ditengah tingginya tingkat persaingan yang dapat dirasakan oleh setiap entrepreneur. komunikasi itu dapat mengintegrasikan seluruh potensi diri dan potensi sumber daya dalam lingkungan bisnis yang terus berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.


Untuk itu, mulailah entrepreneur meningkatkan pengetahuan tentang komunikasi mulai dari konsep, teori dan juga keterampilan yang harus dimiliki untuk bisa berkomunikasi dengan baik. hal ini dapat dilakukan dengan mencari seorang mentor dan coach yang bisa membagikan ilmunya tentang komunikasi sebagai sebuah keterampilan strategis dalam berbisnis. Bahkan mereka bisa memberikan contoh langsung untuk pengembangan diri.


Untuk meningkatkan keterampilan, teruslah berlatih, berlatih dan berlatih. Komunikasi yang berbentuk verbal maupun non verbal harus terus dikembangkan untuk bisa mencapai sukses dan dengan latihan akan dapat dilakukan peningkatan kualitas diri dalam berkomunikasi. Bicaralah di depan kaca, bicaralah langsung dengan bawahan, bicara langsung dengan relasi bisnis yang berhubungan dengan bisnis para entrepreneur seperti supplier, konsumen, pesaing, distributor, pemerintah, perbankan, akademisi serta Lembaga Swadaya Masyarakat.


Demikian juga dengan membuat tulisan tentang bisnis serta surat-surat yang berhubungan dengan bisnis yang pastinya dilakukan oleh para entrepreneur. surat penawaran kerjasama, surat penagihan bisnis sampai dengan surat-surat yang berhubungan dengan karyawan dan lain-lain. Semuanya harus bisa dilakukan oleh para entrepreneur untuk meningkatkan komunikasi mereka dalam berbisnis.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: