Inilah yang paling penting dijaga oleh para entrepeneur dalam membangun bisnis masing-masing. Kepercayaan …. bagi semua entrepeneur, ini adalah aset yang bersifat intangible atau aset yang tidak tampak, akan tetapi, value bagi stakeholder, seperti konsumen, supplier, distributor, pesaing dan bahkan pihak perbankan, media adalah yang paling penting. Inilah yang dipegang oleh mereka dalam berhubungan dengan bisnis.

Pelajaran yang saya dapatkan seharian kemaren berhubungan dengan konsep kepercayaan ini. Pelajaran dalam kerjasama, baik dengan media televisi, media cetak (koran), radio dan juga pihak perbankan, menjadi penting untuk diperhatikan dan dijaga oleh para entrepeneur. Orang tidak akan melihat dari sisi kekuatan bisnis kita, siapa kita, akan tetapi, lebih melihat bagaimana kemampuan kita menjaga kepercayaan mereka.

Rasanya, saya jadi teringat dengan konsep 5C yang seringkali dibahas di dunia perbankan yaitu character, capital, condition, capacity dan collateral. Aspek kepercayaan tersebut berhubungan dengan character yang dimiliki oleh setiap entrepeneur. Inilah yang paling penting dimiliki oleh para entrepeneur agar bisa membuat bisnis bertahan jangka panjang dan terus tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil, menengah dan besar.

Oleh karena itu, hati-hati dengan konsep kepercayaan ini karena inilah yang menjadi boarding pass setiap entrepeneur dalam mencapai keberhasilan bisnis mereka. Salah satu point utama dalam menjaga kepercayaan adalah komitmen terhadap apa yang sudah diucapkan dan dijanjikan kepada stakeholder. Hal ini mengingatkan saya lagi dengan konsep kepuasan konsumen.

Mereka diasumsikan sebagai konsumen para entrepeneur dan apa yang diucapkan tersebut merupakan janji yang akan membentuk ekspektasi atau harapan dibenak konsumen. Bila apa yang diberikan itu sama dengan atau lebih baik dari yang dijanjikan, maka konsumen akan puas. Sebaliknya, bila dibawah janji, maka konsumen akan kecewa. Disinilah komitmen para entrepeneur dalam memenuhi janji yang sudah membentuk harapan dibenak konsumen.

So, marillah jaga setiap kepercayaan yang diberikan oleh para stakeholder para entrepeneur agar bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: