Beberapa hari ini, kami menyaksikan bagaimana wirausaha yang mengeluh tentang kondisi ekonomi, sosial, politik yang terjadi di negara ini. lihat saja bagaimana kondisi ekonomi dengan indikator kenaikan harga-harga bahan baku, nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar, daya beli masyarakat yang menurun, kenaikan BBM serta berbagai kondisi ekonomi yang semakin tidak menentu. Hal ini juga terjadi di aspek politik yang yang tidak pasti dengan banyaknya kebijakan pemerintah yang seringkali bertentangan dengan harapan masyarakat. Lihat saja banyaknya tenaga kerja asing, ketidak pastian dalam politik dan lain-lain. Yang tidak kalah penting adalah perubahan lingkungan teknologi yang terus berkembang serta membuat budaya dan kebiasaan masyarakat semakin berubah.


Hal ini tentu akan berdampak kepada bisnis setiap wirausaha, baik itu ancaman kalau tidak bisa mengantisipasinya dengan baik serta peluang kalau benar-benar jeli memahami dan melihat setiap perubahan lingkungan bisnis.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu diharapkan mampu memiliki mindset kewiruasahaan atau entrepreneurial mindset yaitu sikap mental seorang wirausaha dalam menjalankan bisnis serta melihat perubahan lingkungan bisnis yang harus bisa dianalisis dibuat keputusan yang tepat agar dapat memberikan value yang optimal bagi wirausaha. konteksnya adalah pertama, sejauh mana wirausaha sudah menetapkan visi mereka dalam berbisnis. Hal ini relevan dengan impian setiap wirausaha dalam menjalankan bisnis. sejatinya, wirausaha bisa mengintegrasikan antara visi pribadi dengan visi bisnis.


Mindset kedua adalah bagaimana wirausaha mampu melihat peluang, menghubungkan peluang yang terbaik dengan bisnis serta mengambil aksi untuk setiap peluang yang ada tersebut. penting bagi wirausaha untuk bisa memanfaatkan peluang karena berhubungan dengan dasar bagi wirausaha untuk mencapai sukses sehingga bisa menjalankan dimensi mindset ketiga yaitu mengembangkan kreativitas dan inovasi sesuai dengan peluang  yang ada. Perlu dipahami dengan kreativitas dan inovasi, peluang akan bisa diubah menjadi value yang dapat dirasakan oleh konsumen.


Dimensi keempat adalah bagaimana wirausaha itu bisa menganalisis resiko serta kelima bersikap cepat dan membuat keputusan yang cepat. Hal ini berhubungan dengan bagaimana perubahan lingkugan bisnis yang begitu cepat dan menuntut wirausaha untuk bisa memanfaatkan peluang dengan cepat. Ingat, peluang itu tidak akan datang dua kali.


Oleh karena itu, bagi wirausaha tidak perlu takut dengan perubahan lingkungan bisnis karena itu pasti terjadi. Hanya tingkatkan saja mindset kewirausahaan. Bagaimana dengan anda?
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: