Dua hari ini, saya menghadapi masalah yang cukup pelik karena berhubungan dengan jadwal kuliah dalam mengajar para mahasiswa di kampus tempat saya mengajar. Bagi saya, hal ini menjadi masalah karena akan berdampak kepada bagaimana saya mengajar ketika saya harus menyelesaikan kuliah yang menuntut perhatian lebih fokus dan lebih besar karena memang harus diselesaikan.


Pada awalnya, saya agak keberatan untuk menyelesaikan ini karena dirasakan ini hanyalah sebuah upaya untuk memberikan beban berlebih kepada saya untuk mengajar dan pastinya akan berdampak kepada bagaimana saya harus menyelesaikan masalah ini sendiri. Biasanya, pasti yang terfikir adalah take it or leave it.


Tentu pilihan ini tidak tepat bagi setiap entrepreneur ketika dihadapkan kepada suatu masalah. Konsep itu hanya berfikir sebuah keputusan yang hanya sampai kepada konsep output dimana asal ada keputusan yang harus dibuat. Asal ada keputusan ini tidak benar bagi para entrepreneur yang sejatinya harus berfikir jangka panjang untuk diri dan  bisnisnya masing-masing.


Oleh karena itu, entrepreneur dituntut untuk bisa mengeloal pikirannya ketika menyelesaikan masalah. Jangan terjebak dalam emosi yang pastinya tidak bisa menghasilkan sebuah pemikiran yang kuat dan tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan menjadi amburadul dimana akan terpikirkan hal-hal yang lain dan bersifat negative bagi para entrepreneur dalam berbisnis.


Disinilah para entrepreneur dituntut untuk bisa mengelola fikiran atau brain management mereka masing-masing. saat paling tepat dan pasti akan sangat besar pengaruhnya adalah ketika entrepreneur mampu membuat sebuah keputusan dalam diri dan bisnis masing-masing. hal ini akan tercermin pada apa yang mereka fikirkan terhadap masalah yang sedang dihadapi. Tidak gampang memang.


Akan tetapi, entrepreneur harus berkeyakinan bahwa masalah itu pasti ada solusinya. Keyakinan ini adalah awal entrepreneur mendesain fikiran mereka tentang sebuah masalah dan solusinya. Akan ada solusi dan pastinya akan mengarahkan seluruh fikiran, waktu dan tenaga mereka untuk fokus pada pencarian sebuah solusi untuk masalah bisnis tersebut. Sederhana memang, akan tetapi, harus dipahami dengan baik oleh entrepreneur.


Inilah yang harus dilakukan oleh para entrepreneur agar sukses dalam setiap aktivitas bisnis nya yaitu dengan mengelola fikiran masing-masing untuk mendapatkan hasil yang paling optimal. Ketika semuanya sudah dimulai dari fikiran, rasanya, akan semakin mudah dan semakin terarah dalam menyelesaikan setiap masalah yang berhubungan dengan bisnis mereka masing-masing… so, let’s 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: