Assalamualaikum wr. wb.


Usaha saya make up dan salon kecil-kecilan, juga buat abon tongkol dari ayam, kira-kira, mau ikut pelatihan, apa yang bisa diikuti dan perlu diketahui, usaha ini berbasis order. Satu lagi, apakah saya harus memilih usaha diantara dua usaha ini?


Waalaikum salam wr. Wb.


Gina, cipadung





Wasalamualakum wr. Wb.


Menjadi seorang pebisnis, memang harus menghadapi banyak permasalahan, khususnya yang berhubungan dengan proses bisnis yang pastinya menuntut wirausaha untuk bisa meningkatkan kompetensi mereka agar tetap bisa mencapai tujuan bisnis secara optimal. tujuan untuk mencapai profit, people,planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Bicara tentang bisnis salon dan abon yang berasal dari daing ayam, saya merekomendasikan ibu untuk memilih bisnis yang paling sesuai dengan potensi diri, passion, ilmu yang paling banyak dimiliki serta keterampilan untuk berbisnis ini. artinya, pilihlah antara salon dan abon.


Lihat potensi diri untuk berbisnis dan salon. Kalau lebih banyak potensi salon, lanjutkan bisnis salon.. tinggalkan dulu bisnis abon karena bisnis salon membutuhkan fokus dalam menjalankan bisnis serta tidak lagi berbasis kepada order. Ini menuntut setiap wirausaha untuk bisa fokus menjalankan bisnis untuk bisa totalitas menjalankan bisnis. tidak bisa disambi dalam menjalankan bisnis.


Demikian juga dengan potensi dan passion pengetahuang yang lebih banyak di abon, maka lebih baik memilih bisnis abon ayam dan ini bisa dikembangkan untuk menjadi seorang wirausaha sukses di bisnis abon ini.


Untuk itu, barulah mengembangkan diri dan bisnis dengan mengikuti pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan diri, khususnya pelatihan yang relevan dengan program pemerintah. Adapun yang ada  pemerintah, pasti harus disesuaikan dengan program pemerintah danjuga yang dibutuhkan oleh wirausaha. disinilah akan terasa manfaat yang optimal dari program pelatihan bagi wirausaha.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: