Assalamualaikum wr. wb.


Apabila saya masih mempunyai pinjaman di bank konvensional untuk modal usaha saya apa lebih baik saya melunasinya dipercepat agar bisnis saya lebih berkah? Dan apabila saya membutuhkan modal apa lebih baik menjual aset atau meminjam agar bisnis saya lebih berkah? Terima kasih


Waalaikum salam wr. Wb.


Asih - Mmandalajati Bandung





Wasalamualakum wr. Wb.


Menjadi seorang pebisnis, tentu membutuhkan  modal dalam bentuk uang yang harus benar-benar membeirkan value bagi perusahan yang salah satunya keberkahan. Tentu hal ini menjadi salah satu tujuan wirausaha dalam membangun bisnis yaitu bagaimana memberikan nilai pada diri sendiri ketika berhubungan dengan hal-hal yang bersifat spiritual bagi bisnis wirausaha.


Saya seringkali ditanya salah satu tujuan bisnis yang mendapat perhatian adalah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Terlepas dari pinjaman dari bank, tentu semuanya mengacu kepada keberkahan tadi.


Berhubungan dengan perbankan konvensional, memang menjadi perdebatan banyak orang. Hal ini berawal dari bagaimana seorang wirausaha dalam mendapatkan pemodalan untuk memulai usaha ataupun mengembangkan usaha. Sebaiknya untuk modal usaha itu berasal dari uang pribadi terlebih dahulu dengan memanfaatkan aset yang ada. Bisa dijual terlebih dahulu sehingga dapat memulai usaha dan terhindar dari hutang kepada pihak lain.


Selanjutnya, bisa memanfaatkan keuangan dari pasangan hidup, orang tua dan keluarg. Hal ini dapat berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu bisa fokus dalam bekerjasama dengan keluarga dan kalaupun meminjam uang dari keluarga, tetap tidak terikat dengan bunga.


Uang untuk modal juga bisa dari angle investor yaitu orang-orang yang mau bekerjasama dengan wirausah auntuk mengembangkan bisnis. kalaupun sudah terlanjur dengan perbankan konvensional, ini menjadi pilihan sesuai dengan konsep diri. Kalau memang berprinsip mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, bisa melunasi pinjaman terlebih dahulu dan kedepannya bisa memanfaatkan dana dari keluarga ataupun angle investor dengan prinsip bagi hasil.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: