Salah satu inspirasi yang penting dari seorang bekti adalah bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan bisnis yang dijalankan dalam konteks pensiunpreneur. Hal ini berhubungan dengan internet yang digunakan oleh pak bekti dalam memasarkan dan mengkomunikasikan layanan yang dimilikinya untuk bisnis. hal ini terlihat bagaimana beliau fokus dalam mengembangkan diri untuk memahami internet.


“saya memanfaatkan social media yaitu facebook, twitter untuk memasarkan produk saya” kata Bekti dalam berbisnis. Inilah salah satu pernyataan yang disampaikan oleh Pak bekti dalam bisnis yang dijalankannya. Bahkan secara teratur beliau mengelola social media tersebut dengan meng update berbagai informasi yang relevan dengan bisnis training yang dijalankannya.


Saya juga merasakan hal yang sama yaitu saat ini, setiap pebisnis, termasuk pensiunpreneur tidak bisa lepas dari lingkungan bisnis yang berhubungan dengan teknologi informasi yang pastinya sudah dikenal dengan baik oleh banyak orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan para entrepreneur, termasuk pensiunpreneur, meski seringkali mereka mengeluh merasakan diri mereka itu gaptek atau gagap teknologi dan membatasi diri untuk tidak memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan bisnis.


Lalu, soft ware apa saja yang harus dikuasai oleh para pensiunpreneur? Yang berhubungan dengan internet yaitu website, facebook, twitter, instagram, software yang berhubungan dengan business process. Hal ini menjadi hal penting bagi pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis dan pastinya sangat dibutuhkan oleh bisnis saat ini. sadar tidak sadar, sebenarnya sudah menjadi aktivitas yang sudah dijalankan ketika menjadi seorang karyawan.


Oleh karena itu, sudah waktunya para  pensiunpreneur untuk melihat ini sebagai sebuah hal yang mendasar dalam menjalankan bisnis untuk bisa fokus dalam membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang serta unggul dibandingkan dengan pesaing yang sudah dulu memanfaatkan teknologi informasi juga. Banyak bisnis yang dijalankan oleh pensiunpreneur itu sangat tergantung kepada teknologi informasi yang digunakan. Inilah yang menjadi tantangan bagi setiap pensiunpreneur dan pelajaran dari pak Bekti sungguh menunjukkan betapa strategis nya teknologi informasi untuk bisnis.


Hal ini tidak boleh terjadi pada diri setiap calon pensiunpreneur ataupunpensiunpreneur itu sendiri. Semuanya harus dikuasai dengan baik.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: