Ada satu kalimat yang sangat inspiratif dari seorang teman yang menjadi narasumber saya dalam program Penisunpreneur Siapa Takut beberapa waktu lalu. Kalimat ini penting karena berhubungan dengan tingkat kesuksesan pensiunpreneur dalam membangun bisnis yang pastinya harus mencapai profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Semuanya menjadi tujuan setiap pensiunpreneur dalam membangun bisnis.


“Saya mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pensiunpreneur selama satu tahun” kata teman saya yang memang dulu dia berstatus sebagai karyawan hotel yang bertugas melayani food and beverage. Bahkan posisinya juga sudah mencapai level manajer. Mungkin bagi sebagian orang, pernyataan teman saya tersebut biasa saja, akan tetapi, tidak hal nya dengan saya karena itu menunjukkan sesuatu yang sangat penting dan berharga. Kenapa demikian? Karena inilah salah satu key success factor (KSF) bagi setiap karyawan yang akan menjadi pensiunpreneur sukses.


Persiapan.. itulah kata kunci untuk menjadi pensiunpreneur sukses karena dengan adanya persiapan, seorang karyawan akan memahami dengan baik kondisi mereka setelah pensiun, mengukur diri tentang kekuatan dan kelemahan diri untuk berbisnis sampai dengan apa visi, misi, tujuan sampai dengan strategi serta program yang akan dijalankan ketika memilih bisnis dimasa pensiun. Semuanya ada di persiapan untuk menjadi seorang pensiunpreneur sukses.


“Saya persiapan satu tahun” kata beliau. Hal ini menggambarkan dimensi waktu yang sejatinya kalau dilihat secara ideal, sebaiknya lima tahun sebelum pensiun sudah dipersiapkan. Akan tetapi, rasanya, kalau wirausaha dapat memenuhi model Integrated successful pensiunpreneur Model, dimana ada lima variabel yang kalau seorang wirausaha memilih bisnisnya dengan baik, maka akan terjadi percepatan.


Artinya adalah tidak perlu lima tahun mempersiapakn bisnis yang akan dijalankan, akan tetapi, cukup satu tahun saja. Dalam hal ini, karyawan perlu memilih bisnis yang sesuai dengan talent atau bakat mereka. Bakat ini tercermin dari potensi diri dan passion yang dimiliki oleh karyawan. yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pengetahuan bisnis dan manajemen tentang bisnis yang akan dijalankan. Mulai didesain manajemen keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang dibutuhkan bisnis nantinya. Waktu satu tahun, cukup mempersiapkan bisnis.


 Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: