Menjadi seorang pensiunpreneur adalah pilihan yang mulia dan harusnya seorang pensiunpreneur itu bisa menjadi brand ambassador untuk produk dan bisnis masing-masing. “saya selalu memasarkan produk saya ini kepada banyak orang yang saya temui” kata Pak Bekti. Memang terlihat bagaimana Pak Bekti mempromosikan diri, produk dan perusahaannya kepada stakeholders sehingga orang semakin mengenal dirinya, produk dan perusahaannya.


Hal ini sangat penting dipahami oleh pensiunpreneur yang inin menumbuhkembangkan bisnis saat ini dan yang akan datang karena berhubungan dengan bagaimana wirausaha itu mampu mengkomunikasikan produk kepada banyak orang. Kenapa demikian? Bagi saya, sejatinya seorang pensiunpreneur itu adalah brand ambassador untuk produk dan perusahaan mereka masing-masing. Tidak bisa dipungkiri bahwa orang belum mengenal produk dan perusahaan yang didirikan oleh pensiunpreneur.


Inilah hakekatnya bagaimana seorang pensiunpreneur harus mampu mengkomunikasikan produk dan perusahaan mereka kepada banyak orang melalui dirinya. Bagi saya, diri pensiunpreneur itu harus menjadi sebuah produk yang dikenalkan kepada calon pasar. Kenapa demikian? Karena orang lebih mengenal pensiunpreneur daripada produk atau perusahaan yang sudah didirikan tersebut. Hal ini merupakan kunci bagi pensiunpreneur untuk menggapai kesuksesan dalam berbisnis.


Oleh karena itu, inspirasi dari seorang Pak Bekti adalah waktunya seorang pensiunpreneur untuk menjadikan diri mereka sebagai seorang brand ambassador untuk produk dan perusahaan. Inilah hal yang pertama yang harus dilakukan oleh pensiunpreneur. Mindset ini penting karena berhubungan dengan apa yang akan dilakukan kedepannya serta menjadi sebuah sikap mental.


Kedua adalah meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produk kepada stakeholders, Memasarkan dan menjual produk itu memerlukan pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar. Untuk itu, pensiunpreneur harus belajar untuk mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran yang benar. Ketika ini bisa dimiliki oleh pensiunpreneur, barulah melakukan hal yang ketiga yaitu mulai memasarkan kepada keluarga, teman-teman kantor, teman-teman komunitas sampai dengan media yang relevan dengan produk pensiunpreneur.


Inilah yang menjadi hal penting bagi setiap pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis dan inspirasi dari pak Bekti memang sangat relvan dimana pensiunpreneur itu harus bisa memasarkan produknya sendiri terlebih dahulu. Jangan langsung memberikan kepada orang lain karena itu tidak akan optimal bagi produk pensiunpreneur.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: