Ada yang menarik ketika saya diskusi dengan teman-teman pensiunan dari beberapa perusahaan dan masuk kelas saya untuk meningkatkan kapabilitas bisnis, mindset serta bagaimana melihat peluang dari lingkungan bisnis. Saya memang suka sharing dengan teman-teman karena merasa sama nasib dan sepenanggungan dalam konteks bisnis dan indahnya berbagi dengan mereka karena saya juga mendapatkan pelajaran yang luar biasa dari mereka.


“Pak Meriza, kenapa ya dalam berbisnis saat ini, saya sebagai pensiunpreneur merasa perlu memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman dulu waktu bekerja khususnya membuat sistem dalam perusahaan?” tanya salah seorang pensiunpreneur yang memilih bisnis digital. Saya langsung terdiam memikirkan pengalaman saya dulu ketika memulai STrabiz Manajemen Bandung dimana saya harus memulainya denganmembuat desain bisnis yang pastinya relevan dengan pengalaman saya sebagai dosen dan juga tim mendesain rencana strategis sebuah perusahaan yang notabene tempat saya bekerja dulu.


Waktu itu, memang saya diajak berfikir sistem dengan menganalisis lingkungan bisnis, baik internal ataupun eksternal serta menetapkan posisi agar bisa memilih strategi yang paling tepat dan membuat program pemasaran, operasi, sumber daya manusia serta teknologi informasi. Belum lagi membuat anggaran perusahaan sampai dengan SOP dan memilih orang-orang terbaik dalam bisnis untuk bisa menjalankan program yang dibuat. Yang tidak kalah penting adalah melakukan evaluasi dan kontrol atas


Hal ini sangat terasa ketika saya memulai bisnis dan bahkan ketika menumbuhkembangkan bisnis dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tidak terasa, ilmu tersebut sangat mempengaruhi dan bahkan mewarnai perjalanan bisnis saya sekarang. Disinilah saya merasakan bahwa setiap pensiunpreneur itu harus berfikir sistem dan beruntunglah pensiunpreneur karena pernah berstatus sebagai seorang karyawan dimana pernah membuat sistem manajemen dari hulu ke hilir.


Oleh karena itu, bagi pensiunpreneur, sudah menjadi tuntutan untuk bisa terus berfikir sistem agar bisa membuat strategi bisnis yang paling tepat sehingga bisnis yang dijalankan tersebut bisa memberikan superior value kepada para pensiunan dalam menjalankan bisnis. tidak kalah pentingnya adalah tetap bisa membuat pensiunpreneur bisa beristirahat dan menikmati masa tuanya dengan tidak direcoki oleh berbagai masalah bisnis. Ingat kembali pengetahuan dan pengalaman serta sikap dalam berfikir sistem dan terapkan di perusahaan masing-masing.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: