Kemarin, tepatnya Rabu 15 Februari 2017, beberapa provinsi dan Kota/Kabupaten di Indonesia menyelenggarakaan pesta demokrasi yaitu pemilihan gubernur dan kota/kabupaten untuk lima tahun kedepan. Rakyat dilibatkan untuk memilih pemimpin mereka dan melalui pemilihan suara secara langsung, diharapkan akan ada pemimpin yang dapat menjadi pemimpin daerah dan memberikan value kepada masyarakatnya. Ada satu hal yang menarik yaitu adanya quick count atau perhitungan yang dilakukan secara parallel dengan perhitungan yang dilakukan oleh KPUD penyelenggara pemilukada dengan dasar metode ilmiah. Hasinya? Masyarakat dapat mengetahui dengan cepat hasil pemungutan suara yang sudah dilakukan.


Sebagai seorang entrepreneur, ada pelajaran yang sangat berharga dari perhitungan cepat tersebut yaitu bagaimana sejatinya seorang entrepreneur mampu menjalankan salah satu dimensi yang ada di mindset kewirausahaan yaitu berfikir cepat, memberikan respon yang cepat, membuat keputusan yang cepat serta bertindak cepat. Hal ini menggambarkan bagaimana sejatinya seorang entrepreneur menyikapi apa yang terjadi di lingkungan bisnis yang pastinya memang memiliki karakteristik selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.


Apa yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survey untuk perhitungan cepat, memang harus seperti itu pula yang harus dilakukan oleh para entrepreneur kalau tidak ditinggalkan oleh konsumen yang semakin pintar dan akan selalu mencari produsen yang dapat memberikan superior value yang salah satunya adalah dimensi kecepatan dalam melayani konsumen. Percepatan adalah kunci sukses dalam melayani konsumen saat ini selain adanya fleksibilitas dalam menjalankan bisnis.


Bicara tentang speed atau kecepatan, lihat saja bagaimana perusahaan selalu berupaya untuk memberikan layanan dan produk yang cepat kepada konsumen sehingga konsumen benar-benar merasakan bahwa produsen yang notabene adalah entrepreneur itu fokus memberikan hal yang lebih cepat dibandingkan dengan pesaing. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap entrepreneur. kembali lagi kalau dihubungan dengan mindset kewirausahaan yang harus dimiliki oleh entrepreneur, jadi hal ini menjadi sebuah tuntutan yang harus dimiliki dan dijalankan setiap saat.


Oleh karena itu, sudah waktunya seorang entrepreneur itu bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan membuat keputusan yang cepat agar bisa dapat memberikan superior value kepada konsumen dan pada akhirnya mampu bisa lebih unggul dibandingkan dengan pesaing yang juga berfikiran yang sama untuk cepat melayani konsumen. bagaimana dengan anda? Hmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: